Collaboration Of Art 2019: Persembahan untuk Negeri

Pada hari Sabtu 30 Maret 2019 MB UNS telah ikut serta dalam memeriahkan rangkaian acara Dies Natalis UNS yaitu Collaboration Of Art(COA). COA merupakan sebuah kolaborasi antar UKM bidang seni yang ada di UNS, diantaranya adalah Marching band, PSM Voca Erudita, dan Badan Koordinasi Kesenian Tradisional (BKKT). Tema COA setiap tahunnya berbeda, tema tahun ini adalah “Persembahan untuk Negeri” yang bermaksud bahwa pertunjukan dari ketiga UKM ini merupakan sebuah lambang atas kebanggaan kita sebagai warga di negeri ini, maka pertunjukan ini dipersembahkan untuk negeri.
Acara dilaksanakan di Auditorium UNS yang dimulai pukul 19.00. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC dan dilanjut dengan sambutan-sambutan. Setelah itu dilanjut oleh penampilan setiap UKM sebelum ketiga UKM ini berkolaborasi. Acara ini juga turut dimeriahkan performance selain dari ketiga UKM tersebut. Ketiga UKM ini berkolborasi memainkan lagu “Indonesia Jaya”sebagai penutup.Acara ini berjalan dengan meriah dan lancar. Antusiasme dan respon para penonton pun sangat positif. Harapannya semoga Marching Band UNS, PSM Voca Erudita, dan Badan Koordinasi Kesenian Tradisonal (BKKT) semakin erat hubungannya, semakin berprestasi, dan semakin jaya!

Do the best,Be the best,God takes the rest, UNS JAYA!!

HUT MB UNS Ke-31: Aloha O’hana

Pada hari Sabtu 23 Maret 2019 MB UNS telah menyelenggarakan perayaan HUT ke 31 di Student Center UNS. Perayaan HUT MB UNS kali ini bernuansa Hawaii yang mengambil tema “Aloha O’hana”. Aloha itu sendiri merupakan sapaan layaknya “halo” dalam bahasa hawaii dan O’hana berarti keluarga. Dari tema tersebut harapannya perayaan HUT ini dapat menjadi wadah untuk keluarga MB UNS saling menyapa kembali, dan sebagai ajang untuk bersilaturahmi.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, Purnabakti, Anggota MB UNS, serta tamu undangan dari berbagai UKM di UNS dan Marchingband Solo Raya. Acara dimulai pukul 19.00 yang dibuka oleh MC dan dilanjut sambutan-sambutan dari ketua penyelenggara, ketua MB UNS, dan kepala biro kemahasiswaan. Acara selanjutnya adalah pemotongan kue tart sebagai simbol perayaan HUT. Setelah pemotongan kue, acara pun dilanjut dengan penampilan-penampilan yang meriah, disela-sela acara juga ada pembagian doorprize. Acara pun ditutup dengan foto bersama.

Terimakasih kepada para undangan yang sudah ikut memeriahkan acara HUT MB UNS “Aloha O’hana”, dan pihak-pihak yang sudah bekerja keras dalam penyelenggaraannya!

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya!!!

Sekretaris sebagai “Jantung” dalam Organisasi

Dalam setiap organisasi sekretaris merupakan bidang wajib yang sangat diperlukan, bahkan tidak hanya suatu organisasi tapi juga dalam kepanitiaan. Sekretaris berasal dari bahasa latin “secretum” yang memiliki arti rahasia, rahasia di sini diartikan bahwa orang atau seseorang yang mengetahui, memiliki semua rahasia organisasi. Sehingga seorang sekretaris memiliki tugas membantu seluruh orang-orang yang ada di dalam organisasi sebagai perpanjangan tangan pemimpin. Banyak yang beranggapan bahwa sekretaris adalah wakil dari pemimpin ada pula yang beranggapan bahwa sekretaris adalah asisten pemimpin, dan ada juga anggapan tugas sekretaris adalah mencatat hasil rapat, membuat dan menerima surat. Semua anggapan itu benar bahwa sekretaris adalah orang yang bertanggungjawab besar terhadap pemimpin dan anggota, dan seorang sekretaris dituntut untuk selalu komunikatif sebagai penunjang organisasi.

Sekretaris dalam kepengurusan Marching Band Sebelas Maret memiliki tugas yang kurang lebih sama dari sekretaris pada umumnya, yaitu:

  • Membantu ketua dalam pengoordinasian
  • Pengadministrasian
  • Pengarsiapan surat, maupun surat masuk atau surat keluar
  • Membuat jadwal piket dan mengingatkan anggota
  • Mencatat dan mengingatkan tanggal event serta tanggal rapat
  • Notulensi rapat

Adapun tugas terselubung yaitu sekretaris sebagai “SDM” pengurus, yang mana sekretaris menjadi tempat keluh kesah anggotanya dan harus bisa mengembalikan semangat atau “mood”nya, sekretaris juga harus pandai membaca situasi seperti bidang apa yang sedang ada masalah atau kendala sehingga sekretaris dapat membantu mencarikan solusi dari permasalahan tersebut. Seperti layaknya jantung, sekretaris dalam kepengerusan menjadi organ penting yang fungsinya menyalurkan koordinasi setiap bidang serta tiap harinya selalu bekerja tanpa henti. Dan tanpa adanya sekretaris, suatu organisasi tidak dapat berjalan.

Di kepengurusan MB UNS siapasih yang menjadi “jantungnya”? Nah, yang menjadi sekretaris Marching Band Sebelas Maret periode 2019 ini adalah:

Sekretaris 1 : Husnayaini Dhiya Absari

Sekretaris 2 : Raden Ganis Shabrina Alyani

Sumber : Wikipedia

TKO 2019: The Lost Treasure

Minggu, 10 Maret 2019 MB UNS telah melaksanakan kegiatan Training Keorganisasian (TKO) yang diikuti oleh anggota, pengurus, dan player MB UNS. TKO merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk memberikan pembekalan mengenai cara berorganisasi khususnya di MB UNS itu sendiri.

Acara TKO yang bertema “The Lost Treasure” ini bertempat di outdoor dalam kampus UNS dimana terdapat pos-pos setiap bidang yaitu Sekretaris, Bendahara, Teknis, Non Teknis, dan Humas. Peserta TKO dibagi menjadi 5 kelompok, setiap kelompok diberi petunjuk berupa kode yang tertulis dan harus memecahkannya untuk menuju tempat tersebut.

Pembekalan keorganisasian di TKO ini disampaikan oleh demisioner pengurus. Setiap pos diberi materi mengenai bidang itu sendiri, seperti program kerja, cara melakukannya, maupun tugas terselubung yang tidak tertulis dari bidang tersebut. Materi disampaikan dengan cara menarik berupa games yang juga dapat meningkatkan kekompakkan masing-masing kelompok, karena penyampaiannya yang ringan, peserta pun antusias dan materi tersampaikan dengan baik.

Setelah melewati semua pos bidang, peserta berkumpul di lembah stadion untuk mengikuti games mengenai bagan struktur organisasi, lalu peserta membuat formasi tulisan MB UNS yang dikomandokan orang pilihan didalam kelompoknya. Acara diakhiri dengan pembacaan nominasi seperti kelompok terheboh, kelompok tersunyi, kelompok tercerdas, dan lainnya. Kemudian ditutup dengan foto bersama.

Semoga ilmu yang diperoleh dari TKO 2019 ini dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari di MB UNS maupun diluar. Terimakasih  atas kehadiran pengurus, anggota dan player dan panitia yang sudah berkontribusi dalam kegiatan ini.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya !!!

MB UNS di Semarfest 2019

Pada hari jumat, 8 Maret 2019 Marching Band Sebelas Maret Surakarta telah memeriahkan Kirab dalam rangkaian acara Semarfest Dies Natalis UNS ke-43 di UNS Surakarta. Kirab dimulai pukul 09.00 dari boulevard UNS. Selain Marching Band Kirab juga turut dimeriahkan peserta lainnya.

Seusai Kirab, penampilan MB UNS diakhiri dengan menampilkan satu lagu di depan Rektorat setelah penyerahan PATAKA oleh bapak rektor kepada ketua senat.

Dengan mengikuti acara Dies Natalis ini, kami turut bahagia atas bertambahnya umur almamater kami, UNS tercinta. Semoga UNS semakin jaya dan semakin banyak prestasi yang didapat kedepannya.

Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, semoga kami dapat terus membanggakan almamater UNS.

Terimakasih kepada player, pengurus, official dan pihak-pihak yang telah berkontribusi pada acara ini.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya!!