Bakti Sosial di Desa Ngebung

Minggu, 19 Maret 2019 MB UNS telah melaksanakan Bakti Sosial yang bertempat di Desa Ngebung, Kec. Kalijambe, Sragen. Bakti Sosial merupakan kegiatan rutin MB UNS yang diselenggarakan setiap bulan ramadhan. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian anggota MB UNS terhadap sesama manusia, serta dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Bakti Sosial ini meliputi pembagian sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan, dan sebagainya kepada masyarakat Desa Ngebung. Selain sembako, juga ada pembagian pakaian layak pakai. Setelah pembagain sembako dan pakaian, kegiatan ini dilanjut dengan mengaji bersama anak TPA dimana MB UNS berkesempatan untuk mengajar anak-anak mengaji.


MB UNS memilh Desa Ngebung karena desa ini masih jauh dari modernisasi. Mayoritas penduduknya bermata pencarian sebagai petani. Beberapa rumah di desa ini juga ada yang masih beralas tanah.

Acara ini dimulai pukul 12.30 yang diawali dengan sambutan-sambutan dari ketua panitia, ketua MB UNS, dan kepala desa. Dan acara ini terus berlangsung sampai menjelang adzan Maghrib. Setelah kegiatan selesai, MB UNS membagikan makanan kecil untuk berbuka puasa. Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, kegiatan bakti sosial ini dapat berjalan dengan lancar. Di akhir acara, kami amat bahagia karena dapat berbagi dengan saudara yang membutuhkan dan membantu anak-anak dalam belajar mengaji.

Semoga kedepannya MB UNS dapat lebih banyak berbagi kebahagiaan untuk lingkungan sekitar. Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam mempersiapkan acara ini, juga pihak yang sudah mendukung berjalannya acara.

Do The Best

Be The Best

God Take The Rest

UNS JAYA!

JMD 2019: Modern Day Kartini

JMD atau Jogja Marching Day merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Marching Band Yogyakarta (KBMBY) yang terdiri dari Drumcorps UMY, Marching Band UGM, Marching Band UPN, Marching Band CDB UNY, Marching Band UII, Marching Band Atmajaya, dan Marching Band Saraswati ISI. JMD sudah berlangsung sejak tahun 2006, kegiatan ini dilakukan setiap setahun sekali dengan mengumpulkan seluruh unit Marching Band Jogja dan sekitarnya. Tahun ini JMD dilaksanakan di ISI Jogja pada tanggal 20-21 April dengan tema “Modern Day Kartini” sehubung bertepatannya dengan Hari Kartini.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari. JMD diawali dengan upacara pembukaan yang disertai pemukulan gong sebagai simbolik. Selanjutnya pemberian materi di sesi Coaching clinic oleh coach-coach terbaik. Setelah itu dilanjutkan dengan latihan bersama, dan pada malam harinya digunakan untuk acara hiburan. Acara malam diisi penampilan dari beberapa unit kecil Marching Band serta Fashion Show dari perwakilan peserta JMD. Hari kedua, setelah diawali dengan senam pagi lalu berlanjut ke latihan bersama dan gladi bersih. Kemudian sore harinya peserta menampilkan satu lagu tersebut dan dilanjut dengan penutupan JMD 2019.

Semoga dengan mengikuti JMD peserta dapat menambah imu dan pengalaman serta dapat menambah dan meningkatkan hubungan kekeluargaan dengan unit Marchingband lainnya.

HUT MB UNS Ke-31: Aloha O’hana

Pada hari Sabtu 23 Maret 2019 MB UNS telah menyelenggarakan perayaan HUT ke 31 di Student Center UNS. Perayaan HUT MB UNS kali ini bernuansa Hawaii yang mengambil tema “Aloha O’hana”. Aloha itu sendiri merupakan sapaan layaknya “halo” dalam bahasa hawaii dan O’hana berarti keluarga. Dari tema tersebut harapannya perayaan HUT ini dapat menjadi wadah untuk keluarga MB UNS saling menyapa kembali, dan sebagai ajang untuk bersilaturahmi.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, Purnabakti, Anggota MB UNS, serta tamu undangan dari berbagai UKM di UNS dan Marchingband Solo Raya. Acara dimulai pukul 19.00 yang dibuka oleh MC dan dilanjut sambutan-sambutan dari ketua penyelenggara, ketua MB UNS, dan kepala biro kemahasiswaan. Acara selanjutnya adalah pemotongan kue tart sebagai simbol perayaan HUT. Setelah pemotongan kue, acara pun dilanjut dengan penampilan-penampilan yang meriah, disela-sela acara juga ada pembagian doorprize. Acara pun ditutup dengan foto bersama.

Terimakasih kepada para undangan yang sudah ikut memeriahkan acara HUT MB UNS “Aloha O’hana”, dan pihak-pihak yang sudah bekerja keras dalam penyelenggaraannya!

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya!!!

TKO 2019: The Lost Treasure

Minggu, 10 Maret 2019 MB UNS telah melaksanakan kegiatan Training Keorganisasian (TKO) yang diikuti oleh anggota, pengurus, dan player MB UNS. TKO merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk memberikan pembekalan mengenai cara berorganisasi khususnya di MB UNS itu sendiri.

Acara TKO yang bertema “The Lost Treasure” ini bertempat di outdoor dalam kampus UNS dimana terdapat pos-pos setiap bidang yaitu Sekretaris, Bendahara, Teknis, Non Teknis, dan Humas. Peserta TKO dibagi menjadi 5 kelompok, setiap kelompok diberi petunjuk berupa kode yang tertulis dan harus memecahkannya untuk menuju tempat tersebut.

Pembekalan keorganisasian di TKO ini disampaikan oleh demisioner pengurus. Setiap pos diberi materi mengenai bidang itu sendiri, seperti program kerja, cara melakukannya, maupun tugas terselubung yang tidak tertulis dari bidang tersebut. Materi disampaikan dengan cara menarik berupa games yang juga dapat meningkatkan kekompakkan masing-masing kelompok, karena penyampaiannya yang ringan, peserta pun antusias dan materi tersampaikan dengan baik.

Setelah melewati semua pos bidang, peserta berkumpul di lembah stadion untuk mengikuti games mengenai bagan struktur organisasi, lalu peserta membuat formasi tulisan MB UNS yang dikomandokan orang pilihan didalam kelompoknya. Acara diakhiri dengan pembacaan nominasi seperti kelompok terheboh, kelompok tersunyi, kelompok tercerdas, dan lainnya. Kemudian ditutup dengan foto bersama.

Semoga ilmu yang diperoleh dari TKO 2019 ini dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari di MB UNS maupun diluar. Terimakasih  atas kehadiran pengurus, anggota dan player dan panitia yang sudah berkontribusi dalam kegiatan ini.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya !!!

MB UNS di Semarfest 2019

Pada hari jumat, 8 Maret 2019 Marching Band Sebelas Maret Surakarta telah memeriahkan Kirab dalam rangkaian acara Semarfest Dies Natalis UNS ke-43 di UNS Surakarta. Kirab dimulai pukul 09.00 dari boulevard UNS. Selain Marching Band Kirab juga turut dimeriahkan peserta lainnya.

Seusai Kirab, penampilan MB UNS diakhiri dengan menampilkan satu lagu di depan Rektorat setelah penyerahan PATAKA oleh bapak rektor kepada ketua senat.

Dengan mengikuti acara Dies Natalis ini, kami turut bahagia atas bertambahnya umur almamater kami, UNS tercinta. Semoga UNS semakin jaya dan semakin banyak prestasi yang didapat kedepannya.

Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, semoga kami dapat terus membanggakan almamater UNS.

Terimakasih kepada player, pengurus, official dan pihak-pihak yang telah berkontribusi pada acara ini.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya!!