MB UNS DI WINTER GUARD INTERNATIONAL THAILAND CHAMPIONSHIPS 2017

Marching Band Sebelas Maret untuk pertama kalinya mengukir sejarah di negeri orang. Winter Guard International Thailand Championships 2017 dilaksanakan pada 15-17 Desember 2017 di Veesommai Stadium, Sisaket, Thailand. WGI Thailand 2017 diikuti oleh beberapa peserta dari berbagai negara diantaranya Indonesia, Filiphina, dan Thailand.

MB UNS meraih dua prestasi membanggakan dari dua kategori kejuaraan yang diikuti. Pada kategori Independent Color Guard Contest, MB UNS meraih peringkat 2 dengan mengusung tema “Aether” yang dimainkan oleh 18 player. “Aether” adalah empat elemen yang membentuk bumi yaitu Aqua (Air), Ignis (Api), Aer (Angin), dan Terra (Alam). MB UNS menggunakan banyak properti untuk menggambarkan elemen-elemen tersebut seperti bola, globe, kincir angin, dan sebagainya.

 


 

Untuk kategori Independent Winds, MB UNS meraih peringkat 2 dengan tema “Tom and Jerry” yang dimainkan oleh 36 player brass, 12 player pit instrument, dan 4 orang talent sebagai Tom, Jerry, Merry, dan Butch. Tema ini menceritakan bagaimana Jerry yang selalu bertengkar dengan Tom, melihat Tom jatuh cinta pada Mary dan kemudian patah hati, berniat membantu Tom menjahili Butch untuk mendapatkan Mary kembali. Kisahnya diakhiri secara happy ending dengan Tom bahagia bersama Mary dan memberikan potongan keju besar untuk Jerry.

 

 

Proses menuju kejuaraan internasional ini dimulai dari bulan Januari. Banyak tahap yang sudah dilalui pada proses ini, dari latihan reguler, latihan panjang, training camp, band camp, grand band camp, karantina, hingga konser pamit mengingatkan pada pepatah “Proses tidak akan mengkhianati hasil”, dan hal itu terbukti dengan kerja keras dan doa yang sungguh-sungguh dari semua pihak yang terlibat pada proses hingga kemenangan ini bisa dipersembahkan untuk almamater tercinta Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak Rektorat dan Pembina MB UNS, Drs. Tundjung Wahadi Sutirto M.Si yang selalu membimbing dan membantu dari setiap proses hingga kejuaraan, kepada semua purnabakti yang senantiasa mendukung dan memberikan semangat hingga proses ini tidak terasa berat, kepada semua player, pelatih, arranger, designer, tim manajerial, dan pengurus yang sudah bekerja keras, berdoa, dan bersemangat sepenuh hati demi mengharumkan almamater Universitas Sebelas Maret di tingkat Internasional.
DO THE BEST, BE THE BEST, GOD TAKES THE REST!

WGI Thailand Championship 2017

WGI Thailand Championship 2017 merupakan sebuah kompetisi color guard, wind dan percussion yang diikuti oleh Sekolah Menengah Atas (SMA), Universitas dan Umum, dengan pembagian 2 Divisi, yakni Scholastic dan Independent. Peserta WGI Thailand Championship 2017 berasal dari Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Philippines.Peserta dari Indonesia antara lain Universitas Sebelas Maret dan Universitas Indonesia.

Dua perwakilan dari Indonesia ini mengikuti dua kategori yang sama, yaitu Winds Independent Open dan Color Guard Independent Open. Madah Bahana Universitas Indonesia menggunakan tema “What A Day!” untuk kedua kategori sedangkan Universitas Sebelas Maret menggunakan tema Tom and Jerry untuk Winds dan Aether untuk Color Guard Contest.

WGI Thailand Championship 2017 diadakan pada 15-17 Desember 2017 di Vi Sommai Stadium, Sisaket, Thailand. WGI Thailand Championship 2017 bekerja sama dengan Thailand World Music Championship 2017 yang diadakan pada tanggal yang sama di Sisaket New Stadium, Sisaket, Thailand.

Winter Guard International (WGI) adalah sebuah organisasi marching band yang berpusat di Amerika Serikat yang berdiri sejak 1977, karenanya keseluruhan Dewan Juri yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan Juri Internasional yang berasal dari Amerika Serikat.

Konser Pamit: MB UNS WINTER GUARD INTERNATIONAL THAILAND CHAMPIONSHIPS 2017

Konser Pamit merupakan rangkaian wajib yang selalu diselenggarakan sebelum MB UNS berangkat menuju kejuaraan atau kompetisi yang diikuti. MB UNS memohon pamit serta doa restu kepada seluruh keluarga MB UNS, masyarakat UNS, serta semua yang hadir demi kelancaran dan kemudahan proses hingga kejuaraan. Tahun 2017 ini MB UNS mengikuti kejuaraan Winter Guard International Thailand Championships di Sisaket, Thailand. MB UNS mengikuti tiga mata lomba yaitu Independent Color Guard Contest, dan Independent Winds. Pada kejuaraan kali ini MB UNS mengusung tema “Aether” untuk Color Guard dan “Tom and Jerry” untuk Winds. Acara Konser Pamit dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2017 pukul 18.00 WIB yang bertempat di Gor Manahan.

 

 

Marching Band Sebelas Maret di event Konser Pamit ini membawa 52 orang player Winds dan 18 player Color Guard. Ratusan penonton menghadiri acara Konser Pamit yang dimana merupakan Drs. Tunjung Wahadi S., M.Si., selaku pembina MB UNS, Drs. Rohman Agus Pratomo selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, mahasiswa UNS, serta kerabat dan keluarga dari MB UNS.

Terimakasih kepada semua pihak yang sudah mau berpartisipasi dalam acara Konser Pamit: MB UNS WINTER GUARD INTERNATIONAL THAILAND CHAMPIONSHIPS 2017, semoga Marching Band Sebelas Maret bisa mengharumkan bangsa Indonesia dan juga almamater tercinta Universitas Sebelas Maret.

 

Winter Guard International

Winter Guard International (WGI) adalah organisasi seni pertunjukan visual yang menyelenggarakan kompetisi nasional, regional, serta internasional. Organisasi menetapkan peraturan dan kriteria standar, menyediakan klinik dan sumber daya pendidikan, dan mengelola kompetisi dalam skala regional, nasional, dan internasional untuk winter guard, indoor percussion ensembles, dan winds. Markas besar WGI terletak di Dayton, Ohio. WGI diciptakan sebagai perantara kompetitif untuk seni pertunjukan.

Terdapat dua divisi untuk setiap kategori, yaitu Scholastic dan Independent. Scholastic ditujukan kepada para siswa sekolah menengah, dan Independent ditujukan kepada para mahasiswa universitas. Untuk setiap divisi terbagi menjadi tiga kelas, yaitu A Class atau beginner, Open Class atau intermediate, dan World Class atau superior.

Setelah mengikuti kompetisi regional, terdapat beberapa tim yang bisa mengikuti World Championship setiap bulan April. Untuk setiap tim, diberikan satu kesempatan kepada salah satu member untuk mendapat kesempatan meraih beasiswa. Telah lebih dari $500.000 USD atau sekitar 6,7 milliar rupiah yang diberikan hingga tahun ini.

Untuk pertama kalinya, Kontes WGI Asia di gelar tahun 2015 di Malaysia dan Thailand. Kemudian pada Tahun 2016 WGI pun diadakan di Indonesia. Menginjak tahun ke-40 pada tahun ini, telah lebih dari 36.000 peserta pada level regional, dan lebih dari 12.000 peserta pada World Championship hingga bulan April lalu.

Sebelum Perjuanganmu Kau Akhiri

Banyak yang merasa

Sudah berkorban banyak

Tapi memang,

Benar telah berkorban banyak

Banyak yang ingin berhenti

Namun nanti,

Jika semua berhenti?

Coba ingat kembali

Yang sudah kau perjuangkan

Tujuannya apa?

Sia-siakah,

Hasil perjuanganmu

Jika kau berhenti?

Satu solusi;

Berikan bekal dan status kekal

Untuk masa yang akan datang

Sebelum perjuanganmu kau akhiri