Menjadi Alumni

Setiap unit mempunyai ciri khas sendiri untuk merayakan wisuda anggotanya. MB UNS misalnya, jika tidak ada halangan karantina atau kuliah, MB UNS biasa memainkan Congratulations di hari wisuda sebelum anggota tersebut dilantik menjadi Purna Bakti.

 

 

 

Setelah beberapa tahun mengabdi kepada unit marching band kesayangan kita, wisuda tidak membuat cinta kita berkurang. Sebagai Purna Bakti atau Alumni, kita wajib memantau perkembangan adik-adik kita dan membantu jikalau terdapat kesulitan. Evaluasi juga dibutuhkan untuk membangun organisasi yang lebih baik. Untuk itu, komunikasi yang terjalin antara anggota dan alumni harus terjaga. Sebagai anggota wajib menghormati dan mengenal alumni, serta alumni wajib mengetahui perkembangan dan kegiatan anggota.

Jogja Marching Day 2017

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 21 Mei 2017, Jogja Marching Day (JMD) 2017 dilaksanakan selama dua hari di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 20-21 Mei 2017. JMD adalah acara tahunan yang diadakan oleh Keluarga Besar Marching Band Yogyakarta (KBMBY) dimana marching band se-Pulau Jawa dan sekitarnya berkumpul dan bermain bersama. Di tahun 2017 ini, JMD 2017 mengambil tema “Derap Pemuda Bersama Bangkit Berkarya” karena JMD kali ini dilaksanakan bertepatan pada Hari Kebangkitan Nasional. Antusias peserta JMD 2017 terbilang meningkat karena pemberi materi merupakan tokoh senior yang dihormati di dunia marching band Indonesia, seperti Fajri Maulan Furqon untuk Brass, I Nyoman Trieswara Minartha untuk Pit Instrument, Fisabil Mahardika Putra untuk Battery, dan Arinto Prihat Moko untuk Color Guard.

 

 

 

 

 

 

Rangkaian acara JMD yang padat penuh manfaat sangat tidak membuang waktu. Mulai dari coaching clinic dari pemberi materi terbaik, kemudian transfer materi show untuk lagu kedua. Malam hari digunakan untuk acara hiburan untuk mengakrabkan diri dengan peserta dari unit lain sehingga bisa mengenal satu sama lain. Di hari kedua, setelah melakukan peregangan, acara dilanjut dengan memberi materi untuk lagu pertama. Kemudian di sore hari acara ditutup dengan penampilan show dua lagu tersebut.

 

 

Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, semoga kami dapat lebih membanggakan almamater UNS tercinta. Terima kasih pula untuk semua anggota dan player yang sudah berkonstibusi dalam acara ini.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya!!!

Kembali ke chart- (Display)!

Sebagai pemain marching band, pasti tau dong display itu apa. Display adalah visual, visual is king (kalo menurut beberapa pelatih drill and display). Display atau field show menurut wikipedia adalah kumpulan formasi berupa gambar, bentuk, garis, atau abstrak dengan setiap pemain memiliki posisi  tetap masing-masing yang diilustrasikan oleh drill book atau drill chart.

Saat latihan, pelatih tidak bosan-bosan untuk mengulang kembali setiap chart dan merapikan setiap bentuk. Mengapa? Karena display adalah visual dan visual never lies. Visual yang salah akan dapat mudah terlihat. Oleh karena itu, pemain visual seperti color guard adalah pemain tersulit karena satu kesalahan kecil saja bisa langsung dipastikan. Selain pemain color guard, para pemain musik juga mendapatkan beberapa koreo di lapangan untuk menambah efek visual yang ada, sehingga semua pemain adalah pemain visual yang harus memainkan perannya dengan sempurna.

MB UNS DI TELKOMSEL LOOP RUN

TAMAN SRIWEDARI, 7 Mei 2017, Marching Band Sebelas Maret Surakarta menjadi bagian dari acara Telkomsel Loop Fun Run. Acara ini diselenggarakan sepanjang lima kilometer dengan start dan finish line di Taman Sriwedari. Marching Band Sebelas Maret menjadi starter acara ini, dipercaya untuk mengiringi para peserta memulai race dengan memainkan lagu Mars Telkomsel.

 

Acara dimulai pukul 06.00 pagi. Dalam waktu lima belas menit saja pemenang sudah didapatkan. 200 medali diberikan kepada 200 finisher pertama. Setelah perlombaan berakhir, acara dilanjutkan oleh Castle Band dan FDJ Abel Shahnaz.

 

Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, semoga kami dapat lebih membanggakan almamater UNS tercinta. Terima kasih pula untuk semua anggota dan player yang sudah berkonstibusi dalam acara ini.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya!!!

Stretching atau Warming Up?

Sebelum memulai latihan, biasanya para atlet melakukan warming up, kemudian melakukan stretching. Namun di marching band, kebanyakan tim lebih mengutamakan stretching. Cukup dengan lari beberapa putaran atau beberapa kali jumping jacks sudah dianggap memanaskan tubuh sehingga tidak memakan banyak waktu. Kira-kira apa sih pentingnya stretching dan warming up?

Warming up atau pemanasan adalah aktivitas gerak tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh dan mengeluarkan keringat. Oleh karena itu lebih baik melakukan pemanasan terlebih dahulu kemudian melakukan stretching. Stretching atau peregangan dilakukan agar jaringan-jaringan otot menjadi elastis dan lentur, untuk mencegah terjadinya kram otot. Tujuan dari dilakukannya stretching dan warming up tubuh adalah untuk mempersiapkan fisik para pemain sebelum melakukan warming up dengan alat masing-masing. Jika otot kembali menjadi dingin, sangat mudah untuk cedera seperti keseleo atau kram.

Stretching dan warming up sangat dibutuhkan jika akan melakukan olahraga yang berhubungan dengan mengangkat, melempar, atau melompat. Maka dari itu, lakukan stretching dan warming up dengan maksimal agar performa semakin baik dan terhindar dari cedera.