Sayembara Maret 2017 – Memori

baru saja kutemukan
tiap ketukan, tiap jenjang ingatan
tiap irama, satu suara kita
hanya saja, aku lupa bagaimana dan harus apa
dirimu tak kutemui di tiap jadwal latihan
hingga rupamu, rupaku, rupa-rupanya pura-pura lupa
hingar-bingar lampu malam, membentuk bayang-bayang begitu banyaknya
mungkin sedikit yang tahu, yang memperhatikan, ketika cahaya menelan tiap bayang diri kita!
satu detik berlalu
baru saja kutemukan
dan aku lupa ingatan
-Shinohanna-

Stretching atau Warming Up?

Sebelum memulai latihan, biasanya para atlet melakukan warming up, kemudian melakukan stretching. Namun di marching band, kebanyakan tim lebih mengutamakan stretching. Cukup dengan lari beberapa putaran atau beberapa kali jumping jacks sudah dianggap memanaskan tubuh sehingga tidak memakan banyak waktu. Kira-kira apa sih pentingnya stretching dan warming up?

Warming up atau pemanasan adalah aktivitas gerak tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh dan mengeluarkan keringat. Oleh karena itu lebih baik melakukan pemanasan terlebih dahulu kemudian melakukan stretching. Stretching atau peregangan dilakukan agar jaringan-jaringan otot menjadi elastis dan lentur, untuk mencegah terjadinya kram otot. Tujuan dari dilakukannya stretching dan warming up tubuh adalah untuk mempersiapkan fisik para pemain sebelum melakukan warming up dengan alat masing-masing. Jika otot kembali menjadi dingin, sangat mudah untuk cedera seperti keseleo atau kram.

Stretching dan warming up sangat dibutuhkan jika akan melakukan olahraga yang berhubungan dengan mengangkat, melempar, atau melompat. Maka dari itu, lakukan stretching dan warming up dengan maksimal agar performa semakin baik dan terhindar dari cedera.

TKO 2017 Dahsyat!

GEDUNG PORSIMA, 2 April 2017, Marching Band Sebelas Maret telah melaksanakan kegiatan Training Keorganisasian dengan tema “Wujudkan Sinergi Dalam Organisasi”. Kegiatan rutin tahunan ini diikuti oleh pengurus, anggota, dan player aktif dari Marching Band Sebelas Maret.

Pada TKO kali ini, panitia mengundang pembicara dari luar yaitu Nardi Hidayat, Direktur dari PT Jendela Nusantara. Beliau adalah seorang tokoh yang memiliki tujuan hidup untuk menyemangati orang lain sehingga mereka memiliki hidup yang dahsyat. Beliau mengajarkan bahwa kita tidak boleh menjadi orang yang biasa saja. Dalam materinya kita juga dihimbau untuk kerja cepat hati senang. Antusias peserta tidak berkurang karena pembawaan beliau dan asistennya yang unik dan tidak membosankan.

Setelah itu, demisioneer dari dua tahun kepengurusan terakhir memberikan pengalamannya kepada peserta. Mulai dari sekretaris, bendahara, bidang teknis, non teknis, humas, dan ketua. Walaupun menjadi pengurus tidak mudah, namun bukan berarti ada penyesalan.

Terima kasih untuk semua anggota, player, dan panitia yang sudah berkonstibusi dalam acara ini.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya!!!