Jogja Marching Day

Jogja Marching Day atau biasa disebut JMD merupakan acara dimana unit-unit marching band se-Yogyakarta dan sekitarnya berkumpul untuk latihan bersama , tujuannya adalah untuk mempererat tali persaudaraan antar unit marching band.  JMD dilaksanakan dua hari. Selain latihan bersama, juga ada Coaching Clinic per section dan di akhir acara di tutup dengan penampilan lagu dari peserta Jogja Marching Day.

Jogja Marching Day pertama kali diadakan pada tahun 2006, peserta tetap JMD kala itu berjumlah 6 unit marchingband, yaitu Drum Coprs UMY, Marching Band UGM, Marching Band UII, Marching Band Atmajaya, Marching Band Citra Derap Bahana UNY, Marching Band UPN Yogyakarta. Sekarang menjadi 7 unit, tambahan dari unit Drum Coprs Saraswati ISI Yogyakarta.

Tiap tahun, Jogja Marching Day memiliki tema yang berbeda, sehingga membuat event JMD tiap tahun memiliki ciri khas tersendiri. Dan dari tahun ke tahun banyak unit Marching Band luar Yogyakarta yang bergabung dalam event ini, seprti MB UMS, MB UNS dan lainnya. Di tahun 2018 ini, lebih dari 400 orang dari berbagai unit Marching Band di Yogyakarta maupun di luar Yogyakarta berpartisipasi memeriahkan acara ini.