Stretching atau Warming Up?

Sebelum memulai latihan, biasanya para atlet melakukan warming up, kemudian melakukan stretching. Namun di marching band, kebanyakan tim lebih mengutamakan stretching. Cukup dengan lari beberapa putaran atau beberapa kali jumping jacks sudah dianggap memanaskan tubuh sehingga tidak memakan banyak waktu. Kira-kira apa sih pentingnya stretching dan warming up?

Warming up atau pemanasan adalah aktivitas gerak tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh dan mengeluarkan keringat. Oleh karena itu lebih baik melakukan pemanasan terlebih dahulu kemudian melakukan stretching. Stretching atau peregangan dilakukan agar jaringan-jaringan otot menjadi elastis dan lentur, untuk mencegah terjadinya kram otot. Tujuan dari dilakukannya stretching dan warming up tubuh adalah untuk mempersiapkan fisik para pemain sebelum melakukan warming up dengan alat masing-masing. Jika otot kembali menjadi dingin, sangat mudah untuk cedera seperti keseleo atau kram.

Stretching dan warming up sangat dibutuhkan jika akan melakukan olahraga yang berhubungan dengan mengangkat, melempar, atau melompat. Maka dari itu, lakukan stretching dan warming up dengan maksimal agar performa semakin baik dan terhindar dari cedera.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *