Merawat Alat Brass

Untuk merawat alat tiup seperti trumpet, barithone, trombhone dan sebagainya yang penting alat tiup cara perawatanya adalah sebai berikut :
Sebaiknya, trumpet (seluruh jenisn alat tiup) dibersihkan secara berkala setiap beberapa bulan. Bahan kimia, garam dan enzim dari nafas dan air liur lambat laun akan bertambah di dalam alat, yang efeknya akan mengurangi kualitas bunyi dan mengganggu aliran udara lewat alat.
Untuk membersihkan alat – alat tersebut, langkah-lngkah yang sebaiknya dilakukan adalah :
  1.  Alirkan air suam-suam kuku (tidak panas, ini bisa merusakkan cat penutup pernis trumpet), air tersebut dimasukkan kedalam trumpet dengan sedikit campuran sabun tangan di air tadi.
  2. Bongkar trumpet dengan hati-hati, keluarkan semua klep dan slide, dan dengan lembut seka minyak atau oli dengan sehelai kain mulus yang halus. Tempatkan sehelai handuk dan letakkan trumpet untuk berendam selama sesekitar setengah jam. Masing-masing klep sebaiknya dinomori. (pada trumpet tertentu, setiap valve telah diberi nomor dari pabriknya)
  3. Jika ada, gunakan alat pembersih khusus untuk alat tiup (sikat membersihkan yang dibuat dari pipa potong fleksibel dengan sikat di masing-masing ujungnya), masukkan alat tersebut pada lubang alat utama (yang paling besar) sampai jarak terakhir yang bisa dicapai. gosok dan lakukan didalam air tadi.
  4. Berikutnya, gunakan sehelai kain untuk membersihkan lubang di klep dan tempat klep. bersihkan dengan menggunakan air dan diamkan/diangin-anginkan. valve/klep ini harus benar-benar kering, karena, oli/minyak tidak bergabung dengan air dan klep/slide membutuhkan minyak.
  5. Betelah alat sudah kering, oleskan minyak klep ke masing-masing klep, dan juga ke pembungkus klep, begitu juga pada slide. Jangan lupa untuk membersihkan kelebihan minyak di klep dan slide.
  6. Terakhir, alirkan air ke mouthpiece dan gunakan sikat untuk membersihkannya.
HAL-HAL PENTING YANG HARUS DI INGAT
  • Jangan pakai pembersih kasar yang mungkin merusak trumpet
  • Jangan pakai air panas selain itu jangan lupa memberikan minyak pada klep trumpet paling tidak sekali seminggu
1. Melepas Komponen Alat Musik ( Disassembly )
  •  Lepaskan slide no. 1 dengan cara menekan valve no.1 kemudian tarik slide sampai lepas dari outside slide. Begitu juga dengan slide no. 2 dan No. 3
  • Lepaskan Tuning Slide dengan cara menarik keluar sampai lepas dari outside tuning slide
  • Lepaskan valve No. 1 dengan cara melepas cap top button terlebih dahulu dan kemudian tarik valve sampai lepas dari valve casing. Begitu juga untuk valve no. 2 dan no. 3
  • Lepas cap bottom no. 1 , No, 2, dan no. 3
Setelah proses melepas komponen ( disassembly ) selesai, proses selanjutnya adalah :
  •  Bersihkan bagian – bagian yang telah dilepas dengan menggunakan polishing cloth
  • Bersihkan bagian dalam body , casing, mouthpipe dan outside slide dengan menggunakan polishing gauze dan cleaning rod valve.
  • Bersihkan bagian dalam mouthpiece dengan menggunakan muthpiece brush
  • Untuk perawatan berkala per 6 bulan, setelah proses disassembly, body dan semua komponen direndam dalam air panas yang dicampur dengan Brass Soap selama 1 jam
  • Setelah direndam selama 1 jam , bersihkan bagian dalam body, slide , casing dan mouthpiece dengan flexible cleaner . keringkan body dan bagian komponen sebelum dirakit ( assembly ).
2. Merakit ( Assembly )
 Setelah selesai proses membersihkan , kemudian pasang kembali seluruh komponen sebagai berikut :
  •  Pasang valve no. 1 , no. 2 dan n. 3 dengan memberi valve oil terlebih dahulu kemudian pasang cap bottom.
  • Pasang slide no. 1 , no. 2 dan no. 3 ke outside slide dengan memberi slide greese terlebih dahulu.
  • Untuk memasang slide harus diingat untuk menkan valve seperti pada waktu melepas slide.
  • Selanjutnya memasang tuning slide dengan memberi tuning slide oil atau slide greese terlebih dahulu.
  • Setelah selesai proses assembly, bersihkan alat musik marching anda dengan menggunakan polishing cloth yang sudah diberi silver polish atau lacquer polish.

Related posts:

3 Replies to “Merawat Alat Brass”

  1. saya seorang yang tertarik pda terompet , , bagaimana kalau artikel ini dilengkapi dengan gambar setiap langkah-langkah nya karna saya agak sedikit kesulitan kalau hanya membaca
    tolong ya mohon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *