MB UNS BACK TO BMBC 2014

Marching Band Sebelas Maret Surakarta dengan bangga kembali mempersembahkan piala untuk mengharumkan nama Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam kejuaraan Bandung Marching Band Championship (BMBC) yang digelar di Aula Gymnastium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, pada 18 dan 19 Oktober 2014 lalu. Pada BMBC tahun ini, kami mengikuti 3 mata lomba yakni kategori Display Divisi Open, Marching Percussion Contest (MPC), dan Brass Ensamble (BE), dengan komposisi player sebanyak 73 player display fullteam, 25 player MPC, 6 player BE, serta 20 official.

Syukur Alhamdulillah, MB UNS telah berhasil meraih:
• Juara I Marching Percussion Contest
• Juara II Brass Ensamble
• Juara IV Display Divisi Open
• Terbaik I Front Ensamble Display Divisi Open
• Terbaik II Field Commander (FC) Display Divisi Open
• Terbaik III Color Guard Display Divisi Open

Mengusung tema “SOLO-Symphony of Local Ode” untuk kategori Display Fullteam, dengan paket lagu yang dibawakan: Kota Solo, Kebo Giro, Solo Balapan, Gundul-gundul Pacul, Cublak-Cublak Suweng dan Padang Bulan. “SOLO-Symphony of Local Ode”, menggambarkan sebuah kisah yang bermula dari sebuah kota bernama Kota Solo. Kota yang penuh dengan budaya dan keramahan. Kehadiran Putri Solo yang merupakan sebuah ikon atau perlambang betapa anggun, ramah, priyayi dan unggah ungguh orang Solo yang sangat berciri khas. Dalam lagu ini juga menyuguhkan suasana keraton yang mencerminkan Solo sebagai kota yang memiliki budaya yang kuat dan masih terjaga. Selain itu, Solo juga merupakan kota yang memiliki 3 etnis besar yakni etnis Tiong Hoa, etnis Arab, serta etnis Jawa dimana kita bisa merasakan nuansa Cina, Arab, dan Jawa tersebut pada frase lagu ke 3 yang dipadukan dalam sebuah arransemen music.

Full team

Gambar1: Penampilan saat Display Fullteam

Sementara untuk kategori Marching Percussion Contest, kami mengusung tema “Jawa Mabahunasa Kaping Kalih”, sebagai bentuk kelanjutan dari Marching Percussion Contest tahun 2013 lalu. Walaupun dengan porsi latihan yang tidak cukup panjang, Alhamdulillah tim MPC MB UNS kembali menyabet juara 1 dan sukses membawa pulang kembali piala bergilir dari Gubernur Jawa Barat.

mpc

Gambar2: Penampilan tim MPC bersama tokoh Punakawan

Sedangkan untuk kategori Brass Ensamble, kami membawakan 2 paket lagu yang telah diarransemen dengan lagu yang berjudul : “Bengawan Solo” & “Ping Plank Punk” dan berhasil meraih juara kedua setelah pada 2011 lalu mendapatkan juara ketiga untuk mata lomba Brass Ensamble.

BE

Gambar3: Penampilan tim Brass Ensamble

Persiapan untuk menghadapi kompetisi ini telah kami lakukan dari awal bulan Maret. Dari mulai latihan regular, latihan panjang (latjang), Band Camp, Karantina, hingga acara Konser Pamit yang kami selenggarakan sebagai bentuk permohonan doa dan restu dari semua pihak yang telah membantu MB UNS dalam proses menuju BMBC, dengan menyuguhkan penampilan yang akan dibawakan ke BMBC.

Semua player dan beberapa pelatih disini adalah seorang mahasiswa yang memiliki kesibukan dan urusan kuliah yang berbeda-beda. Namun, berkat kerja keras, doa dan semangat tim yang kuat, akhirnya kami semua dapat melalui proses ini sampai berangkat menuju BMBC 2014 dan berhasil membawa pulang piala serta beberapa penghargaan sebagai persembahan untuk almamater tercinta.

Semoga MB UNS akan selalu menjadi yang terbaik dan menorehkan prestasi di setiap kompetisi 🙂

Do the best
Be the best
God take the rest

UNS JAYA !!!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *