Colaboration of Art (COA) 2015 “Jalan-Jalan Nusantara”

Collaboration of Art (COA) merupakan serangkaian acara Dies Natalis UNS ke-39 yang diselenggarakan oleh tiga UKM kesenian di UNS yaitu UKM Marching Band, UKM Badan Koordinasi Kesenian Tradisional (BKKT), dan UKM PSM Voca Erudita. Acara yang diadakan setiap tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan menjalin silaturrahmi antar tiga UKM tersebut.

COA tahun ini diselenggarakan pada hari Jum’at, 24 April 2015 pukul 19.00 WIB di halaman gedung Rektorat UNS dengan mengusung tema “Jalan-Jalan Nusantara”. Dengan mengusung tema ini, penonton diharapkan dapat berkelana dan lebih mengenal kesenian hingga kebudayaan daerah-daerah di Indonesia. Acara ini juga turut dimeriahkan oleh Komunitas Tari Saman Fakultas Kedokteran UNS dan Komunitas Mahasiswa Papua.

Walaupun sempat diundur karena hujan, acara tetap berjalan dengan lancar dan meriah. Para pemain dan penonton tetap antusias walau harus diguyur hujan. Acara ini dibuka oleh kolaborasi dari tiga UKM yang membawakan lagu Nusantara, dan kemudian dilanjutkan oleh tiga MC dengan konsep drama komedi yang membawa kita berkeliling menjelajahi Indonesia dan menceritakan pada penonton keunikan masing-masing daerah, dimulai dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera, Aceh, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, NTT, Bali, Jawa Timur dan berakhir di Surakarta. Misalnya, pada daerah Jawa Barat menampilkan kolaborasi Voca Erudita dan BKKT dengan alat musik angklungnya yang membawakan lagu Bubui Bulan, lalu membawakan lagu khas Jakarta yaitu Ondel-ondel, kemudian Marching Band yang membawakan lagu Gending Sriwijaya dari Sumatera dll. Para guest star juga turut memeriahkan acara COA ini, misalnya Komunitas Tari Saman yang berhasil membuat penonton tercengang karena semangat dan kekompakannya serta Komunitas mahasiswa Papua yang berhasil membuat penonton kagum dengan gerakan-gerakan khas Papua yang energik.
Halaman Rektorat pada malam itu berubah menjadi panggung besar dimana dihiasi oleh tepuk tangan dan gelak tawa dari penonton yang membuat suasana pada malam itu semakin meriah dan semakin akrab. Di akhir acara, semua pengisi acara naik ke atas panggung dan mengajak penonton bernyanyi bersama lagu “kapan-kapan”.
Semoga dengan suksesnya pagelaran ini bisa memberikan inspirasi untuk selalu berkarya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *