Jogja Marching Day 2015

Pada tanggal 6-7 Juni kemarin, Marching Band Sebelas Maret kembali mengikuti kegiatan JMD (Jogja Marching Day). JMD merupakan kegiatan latihan bersama antar unit-unit Marching Band dari dalam maupun luar Yogyakarta dan merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh KBMBY (keluarga besar Marching Band Yogyakarta). JMD 2015 ini diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengusung tema “MARCHING GRENADE EXPLOTION” dimana dalam tema ini tersirat makna tentang sound, beat, and wave to be one yang merupakan penggabungan ketiga unsur tersebut dalam dunia Marching Band.

Banyak sekali unit-unit Marching Band yang mengikuti JMD tahun ini, diantaranya MB UPN Jogja, MB UGM, MB Atma Jaya, CDB UNY, MB Saraswati ISI Jogja, MB Bahana Putra Soedirman UNSOED, MB UII, Drum Corps UMY, MB UPN Veteran, MB UMS, MB IAIN Surakarta, MB Trisakti, dan lain-lain.

JMD tahun ini dikemas lebih berbeda dari tahun sebelumnya. JMD 2015 ini menghadirkan coaching clinic dengan pemateri yang handal, seperti Fataji (Majestic) dan ahmad Zulhadi (ISI), Sehat Kurniawan Saiman (Citra Intirama), Priya Jatmiko (Pelatih MBGSB Banten), Gading Maulana (TAMA) dan Team Citra Intirama Indonesia. Pada malam harinya, terdapat pula acara Pentas Seni dengan diisi penampilan-penampilan dari setiap kelompok yang telah ditentukan sebelumnya. Yang membuat acara malam ini lebih meriah, JMD 2015 juga menghadirkan banyak bintang tamu yang luar biasa, seperti Kesper ISI, Brass Hadiningrat Jogja, JGC, JUMP, dan Acoustic. Pada pentas seni ini juga terdapat pemilihan beberapa kategori, seperti JMD tampan, JMD cantik, dan JMD kece, dan Alhamdulillah kategori JMD kece jatuh ke tangan MB UNS yaitu Ilham Budi Irawan (Baritone, 28). Pada hari Minggu, seluruh peserta JMD tampil bersama-sama dengan memainkan sebuah lagu instrument yang telah dipelajari selama JMD.

Dengan adanya acara JMD ini, semoga tidak hanya menambah skill para player Marching Band, akan tetapi juga akan mempererat tali silaturrahmi antar unit Marching Band di Indonesia.

JAYA-lah Marching Band Indonesia! 😀

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *