Perlengkapan Wajib Anak Battery

Drumline adalah section perkusi dalam suatu unit marching band yang umumnya bermain sebagai bagian dari suatu penampilan ensembel musik (alat musik pukul) yang dimainkan sambil berjalan atau display. Istilah battery biasanya secara spesifik menunjuk pada bagian dari drumline. Battery merupakan sekelompok orang dalam drumline yang melakukan beragam gerakan dan aksi manuver di lapangan. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam battery biasanya terdiri atas snare drum, quint-tom, bass drum, dan cymbal.

Battery merupakan section dalam marching band yang paling mudah berlatih, karena battery bisa berlatih dimana saja dan kapan saja. Hal-hal berikut merupakan “senjata-senjata” player battery supaya bisa berlatih dimana dan kapan saja.

  • Stick
    Stick merupakan senjata utama player battery. Adanya stick, player battery bisa sticking dengan mengeksekusi pattern atau rudiment yang sudah bahkan akan dipelajari. Pattern atau rudiment dalam battery sangat beragam, apalagi ketika sudah bertemu dengan dinamika. Player battery sangat wajib memiliki stick dan harus terus-menerus dilatih sticking-nya. Gunakan stick yang tepat dan sesuai, ya!

    12105926_10205158003016157_3393227221816893254_n

  • Drum Pad
    Selanjutnya, media pukul atau drum pad. Seperti yang dikatakan sebelumnya, battery dapat berlatih dimana dan kapan saja. Battery dapat berlatih di meja, kursi, karpet, dan lain lain. Tetapi tidak bisa sembarang pukul, karena akan mempengaruhi stick, stick dapat mudah rusak, dan apabila stick rusak maka akan tidak sesuai dan bahkan dapat merusak membran atau head drum. Maka dari itu, drum pad juga penting sebagai perlengkapan utama anak battery. Drum pad bisa dibawa kemana-mana (portable) dan tidak merusak stick, karena sudah dilapisi karet sebagai media pukul stick dan karet tersebut juga menambahkan feel bounching seperti memukul pada membran aslinya. Bahkan sekarang sudah ada drum pad yang lebih kecil ukurannya, semakin simple kan?

    12115751_10205076591660924_8031264688242108327_n

  • Metronome
    “Senjata” player battery yang terakhir dan ngga kalah penting, Metronome. Metronome merupakan alat yang dapat membantu player battery untuk mengetahui dan menstabilkan tempo sehingga tidak melambat atau mempercepat. Dalam satu unit marching band, battery bertugas menjaga tempo. Player battery sangat penting untuk tahu, paham, bahkan peka terhadap tempo. Untuk melatih hal tersebut maka player battery berlatih menggunakan metronome. Sekarang ini bahkan tidak perlu membeli metronome analog atau digital yang harus dihubungkan speaker lagi. Semua orang sudah menggunakan smartphone, metronome dapat diunduh secara GRATIS dari App Store atau Play Store.

Jadi, ga ada alasan lagi kan untuk ga berlatih (?)

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *