PENTINGNYA TEPUKAN TANGAN BAGI UNIT MARCHING BAND

DSCN2234Tepuk tangan adalah hal yang biasa dilakukan oleh manusia. Dalam pengertian awam, tepuk tangan diartikan sebagai sesuatu yang menandakan kebahagiaan, kekaguman akan sebuah pertunjukkan, atau sebagai sebuah apresiasi akan suatu tindakan atau suatu karya. Tepuk tangan adalah kegiatan yang memiliki banyak sisi untuk dimaknai. Bagi para seniman panggung, tepuk tangan adalah tanda kesuksesan pertunjukannya dan juga sebagai salah satu parameter sukses tidaknya pertunjukkan yang dimainkannya.

Bagi penggemar olah raga dan para penggemar pertunjukan—apapun itu, film, konser musik, teater, opera, dan lain-lalin, tepuk tangan juga adalah bagian dari gaya hidupnya, gaya hidup yang salah satu cerminannya adalah ungkapan rasa puas atas sesuatu yang telah dinikmatinya secara visual dan auditif. Bagi para pembicara, seminator, dan bahkan seorang kepala negara, tepuk tangan adalah bentuk respon apresiatif publik bagi pemaparan visinya. Meski nampaknya hanya saling menamparkan kedua telapak tangan hingga menghasilkan bunyi, tepuk tangan ternyata memiliki makna dan pemaknaan yang kaya.

Nah…. bagi unit Marching Band tepuk tangan jga sangat penting nih. Selain sebagai parameter sukses tidaknya sebuah pagelaran yang disuguhkan ke penonton, tepuk tangan juga menjadi hal yang cukup sakral bagi sebuah unit Marching Band. Kira-kira mengapa ya tepuk tangan menjadi hal yang cukup sakral? Yuk coba kita simak, kenapa sih tepuk tangan menjadi begitu penting untuk sebuah unit Marching Band?DSCN2235

Pertama, tepuk tangan berfungsi sebagai panggilan Danlat untuk player. Jadi, tepuk tangan untuk sebuah unit Marching Band sangatlah penting, karena biasanya tepuk tangan hanya dilakukan oleh seorang Danlat yaitu komandan latihan. Tepuk tangan dari seorang Danlat menandakan akan adanya aba-aba atau instruksi baru. Segala aba-aba atau instruksi dari Danlat akan diawali dengan tepuk tangan. Nah.. biasanya jika tepuk tangan dari Danlat sudah terdengar, para player segera bersiap untuk berdiri tegak dalam posisi siap untuk menerima instruksi baru dari seorang Danlat.

Tapi, selain dari Danlat, sebenarnya tepuk tangan sendiri dapat dilakukan oleh orang lain. Nah, orang-orang lain itu adalah orang-orang yang memimpin di depan, orang-orang tersebut berhak melakukan tepukan tangan saat sebuah unit Marching Band sedang dalam sesi atau jam-jam latihan. Tepuk tangan juga dapat dilakukan oleh seorang FC (Field Commander), karena FC memimpin sebuah pertunjukkan musik, jadi semua player wajib patuh pada FC, terlebih saat FC sudah menepukan tangan, hmmm.. jadi player harus segera bersiap-siap untuk mendengar instruksi dan memainkan musik Marching Band dengan baik.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai cukup sakralnya sebuah tepukan tangan dalam unit Marching Band. Oh iya.. terkadang para player yang sedang berada di luar jam latihan pun jika mendengar seseorang menepukkan tangannya (bertepuk tangan) bisa langsung sigap untuk siap dan mencari di mana sumber suara itu loh.. hehe, pasti mereka langsung terngiang-ngiang wajah Danlat (Humas, 2016).

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *