MB UNS DI INTERNATIONAL JOMC V 2016

Gambar 1. Penampilan saat Marching Show Band
Gambar 1. Penampilan saat Marching Show Band

Marching Band Sebelas Maret (MB UNS) kembali mengukir sejarah dan mengharumkan almamater tercinta UNS di tingkat internasional tahun 2016 ini. International Jember Open Marching Competition (JOMC) V kejuaraan yang diikuti MB UNS tahun ini dilaksanakan pada 23-25 September 2016 di Jember Sport Garden. JOMC V 2016 diikuti oleh beberapa peserta dari berbagai negara diantaranya Indonesia, Myanmar, Afrika Selatan, Jepang, Thailand, USA, Filipina, dan RCC.

MB UNS meraih tiga prestasi sekaligus dari tiga kategori kejuaraan yang diikuti. Pada kategori Marching Show Band, MB UNS mengusung tema paket kejuaraan “SOLO – The City of Culture” dengan total peserta 80 orang player dan 50 orang kru. Tema yang diangkat Marching Band Sebelas Maret untuk memperkenalkan budaya Kota Solo yang notabene rumah dari MB UNS. Tambahan yang diberikan didalam paket pagelaran seperti gamelan, dua wayang raksasa dengan tokoh Werkudara dan Duryudana, dan lagu “Kota Solo”, serta visualisasi ”Kirab” merupakan paket yang lengkap untuk menginterpretasikan Kota Solo.

Gambar 2. Penampilan saat Individual Color Guard Contest oleh M. Gilang R.
Gambar 2. Penampilan saat Individual Color Guard Contest oleh M. Gilang R.
Gambar 3. Penampilan saat Street Parade
Gambar 3. Penampilan saat Street Parade

Alhamdulillah, MB UNS lolos peringkat kedua World Class di pre-eliminasi dan maju ke final. Di kategori Marching Show Band, MB UNS meraih 1st Runner Up World Class dengan total score 81,925. Pada kategori Individual Color Guard Contest, MB UNS yang diwakilkan M. Gilang Ramadhan meraih 2nd Runner Up Male Category dengan total score 251,50. MB UNS juga ikut pada kategori Street Parade yang bertempat di jalan sekitar Alun-alun Kota Jember, pada kategori ini MB UNS meraih 4th Street Parade Full Band dengan total score 72,625.

Proses menuju kejuaraan internasional ini dimulai dari bulan Januari. Banyak tahap yang sudah dilalui pada proses ini, dari latihan reguler, latihan panjang, training camp, band camp, grand band camp, karantina, hingga konser pamit mengingatkan pada pepatah “Proses tidak akan mengkhianati hasil”, dan hal itu terbukti dengan kerja keras dan doa yang sungguh-sungguh dari semua pihak yang terlibat pada proses hingga kemenangan ini bisa dipersembahkan untuk almamater tercinta Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Gambar 4. Dari MB UNS untuk Indonesia dan UNS
Gambar 4. Dari MB UNS untuk Indonesia dan UNS

Terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak Rektorat dan Pembina MB UNS, Drs. Tundjung Wahadi Sutirto M.Si yang selalu membimbing dan membantu dari setiap proses hingga kejuaraan, kepada semua purnabakti yang senantiasa mendukung dan memberikan semangat hingga proses ini tidak terasa berat, kepada semua player, pelatih, arranger, designer, tim manajerial, dan pengurus yang sudah bekerja keras, berdoa, dan bersemangat sepenuh hati demi mengharumkan almamater Universitas Sebelas Maret di tingkat Internasional.
DO THE BEST, BE THE BEST, GOD TAKES THE REST!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *