Apa itu Glide Step?

dsc_9115
Glide Step adalah bentuk gerakan yang digunakan marching band untuk meminimalkan gerakan tubuh bagian atas, memungkinkan player untuk memainkan instrumen mereka dan berbaris tanpa gangguan. Standarisasi gaya marching juga berfungsi untuk menambah efek visual dari marching band. Kadang-kadang sepatu khusus yang dikenakan dengan tumit melengkung yang memfasilitasi bergulir kaki. Glide step digunakan oleh banyak marching band SMA, perguruan tinggi, dan unit marching band lainnya. Glide step kadang-kadang juga dikenal sebagai “Roll Step”.

Teknik Glide Step
aid59213-728px-march-in-marching-band-step-8
Glide Step berusaha untuk membatasi semua gerak di atas tubuh bagian atas untuk gerakan berubah halus dalam arah perjalanan dan untuk membatasi semua gerak bawah pinggang dengan yang benar-benar diperlukan. Sebelum glide step bisa dilakukan, postur umum tubuh harus disesuaikan. Ini disebut “perhatian”. Aspek penting dari perhatian untuk marching band postur badan yang tinggi (tidak selalu), postur lurus dengan pinggul sedikit condong ke belakang, untuk menjaga berat badan, badan sedikit ke depan dan diantara kedua tumit, dan relaksasi dari semua otot. Sebuah pedoman umum untuk posisi tubuh relatif terhadap seluruh tubuh adalah telinga di atas bahu, bahu atas pinggul, dan pinggul atas pergelangan kaki. Dalam posisi glide step, kaki yang baik bersama-sama dan sejajar satu sama lain, atau masing-masing kaki memiliki bukaan sekitar 30 derajat sejajar satu sama lain.
aid59213-728px-march-in-marching-band-step-14
Dari perhatian, langkah berikutnya adalah untuk belajar mark time. Ini melibatkan bergantian mengangkat kaki kiri dan kanan dari posisi mereka. Kaki ditekuk sedikit, tumit sekitar 1-2 inci dari tanah, dan jari-jari kaki yang sejajar dengan satu sama lain. Aspek penting dari mark time bahwa pinggul tidak boleh bergeser ketika kaki diangkat dan bahwa berat badan yang terus maju di bola kaki. Perintah yang umum, sering disebut “Mark time, mark!”, diikuti oleh empat ketukan dari mark time (kiri, kanan, kiri, kanan) dan kemudian langkah pertama dengan kaki kiri.
Langkah pertama untuk bergerak maju adalah untuk memindahkan kaki dari posisi awal untuk memulai berjalan dengan glide step. Tumit kaki diperpanjang harus ditempatkan sedikit di depan “lurus ke depan”. Dalam posisi glide step, berat badan belum bergeser ke depan, tapi kaki-in-motion telah diluruskan ke depan sehingga tumit tetap sama tingginya dengan tanah. Sementara tubuh itu sendiri harus bergerak dengan lancar bersama, gerakan ini harus sangat tajam, menekankan bahwa jari-jari kaki tetap pada alurnya sehingga bagian bawah kaki menyentuh tanah. Bagian bawah kaki yang menyentuh tanah dapat berfungsi untuk menjaga tempo.
Selanjutnya, berat digeser ke depan dengan gaya dorong condong ke depan. Hal tersebut untuk menyeimbangkan tubuh ketika berjalan sehingga ketika berjalan bagian pinggul keatas tidak cenderung ke belakang. Ketika badan atas dan bawah seimbang maka dapat memulai berjalan dengan baik. Keseimbangan tersebut dapat meminimalisir gerak tubuh yang tidak diharapkan.
Salah satu kecenderungan yang salah glide step pada marching band adalah kecenderungan untuk mengangkat kaki terlalu tinggi dari tanah saat mengambil langkah. Hal ini menyebabkan yang memberikan kesan seperti mengendarai sepeda.

SUMBER: wikipedia.com; wikihow.com

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *