MB UNS di Opening Olimpus 2019

Jumat, 11 Oktober 2019 kemarin MB UNS telah turut memeriahkan salah satu dari rangkaian acara Olimpus, yaitu Opening Olimpus. Olimpus merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Sebelas Maret Surakarta , yang didalamnya mencakup kegiatan dari bidang keolahragaan, seni budaya, penalaran dan keilmiahan, sebelas maret award, komda, dan duta kampus. Acara Opening Olimpus berlangsung di Agrobudaya UNS yang dihadiri oleh petinggi-petinggi UNS serta mahasiswa UNS.

Acara ini berjalan dengan lancar. MB UNS tampi diakhir acara yang juga menjadi penutup cara Opening Olimpus ini. Terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dalam berlangsungnya acara ini.

Do The Best,

Be The Best,

God Takes The Rest,

UNS Jaya!!

5 Kelebihan Menjadi Anak Marching Band

1. Lebih menghargai karya seni

Menjadi seorang anak Marching Band sudah pasti akan terasa tidak asing dengan keberadan musik. Dengan keberadaan musik itulah yang mebuat seorang player Marching Band lebih menghargai karya seni. Selama proses latihan akan diselingi dengan pengenalan bagaimana musik dibuat, serta apa makna yang akan disampaikan dari musik tersebut. Melalui proses itulah player sadar bagaimana perjuangan yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu karya seni yang baik. Perasaan menghargai akan muncul seiring dengan proses tersebut.

2.Lebih menghargai waktu

Menghargai waktu di Marching Band bisa didapat dari berbagai hal. Pertama, saat latihan. Anak Marching Band setiap latihan selalu mengacu pada suatu target sehingga setiap detik dan menitnya akan sangat berguna dalam pencapaian target tersebut. Kedua, saat istirahat latihan. Waktu yang diberikan untuk istirahat biasanya tidak banyak, anak Marching Band harus pintar memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin agar latihan lebih efektif. Ketiga, saat tidak latihan. Sebagai anak Marching Band pasti mengerti seberapa padat jadwal latihan setiap minggu atau bulannya, waktu libur menjadi waktu yang sangat berharga karena saat liburlah anak Marching Band bisa mengerjakan hal besar lain, dan juga bisa dimanfaatkan untuk quality time bersama keluarga, teman, saudara atau seseorang yang spesial.

3.Mampu bekerjasama

Anak Marching Band harus bisa bekerjasama satu sama lain. Semua kegiatan yang ada disini bukanlah kegiatan perorangan tetapi merupakan kegiatan kelompok yang besar. Semua dari lintas jurusan yang berbeda, dan memiliki peran masing masing dalam sebuah opera lapangan, dengan satu tujuan yang sama maka sinergilah yang bisa menghantarkan sebuah unit kepada pencapaian terbaik. Jika tidak bekerjasama maka kegiatan yang dilakukan tidak mungkin bisa berjalan dengan baik. Kemampuan bekerjasama disini akan muncul dan ter-asah dengan sendirinya seiring berjalan waktu.

4.Berstamina tinggi

Kegiatan yang ada di Marching Band membutuhkan mental yang kuat dan ketahanan fisik yang baik karena kegiatan disini berkaitan dengan fisik seperti display, menari, memainkan alat musik, dan lain sebagainya. Disaat weekend yang biasanya dipakai untuk bersantai, anak Marching Band akan menghabiskan waktunya di lapangan bertahan dibawah terik matahari. Dengan didukung pola makan yang baik, secara tidak langsung kegiatan disini akan meningkatkan kesehatan serta memperkuat ketahanan fisik.

 

5.Mengetahui arti pengorbanan dan kehidupan

Anak Marching Band rela menyerahkan malam-malamnya dan akhir pekan untuk latihan sampai rela mengorbankan waktu bersantainya. Semua hal baik dan pengalaman tidak enak yang dilewati selama menjadi anggota marching band, sadar tidak sadar merupakan proses pengembangan karakter. Mau tidak mau, suka tidak suka dengan prosesnya, kamu sedang ditempa untuk jadi the best version of yourself. Hal ini akan mengubahmu menjadi seseorang yang lebih tangguh, sabar dan menghargai setiap proses didalamnya.

Asisten Pelatih MB UNS

Marching Band Sebelas Maret pada bulan agustus ini baru saja mengadakan Open Recruitment untuk regenerasi anggota. Open Recruitment atau biasa disebut Oprec ini diadakan setiap satu tahun sekali bertepatan dengan penerimaan mahasiswa baru UNS. Setelah para calon anggota baru melakukan pendaftaran tentunya diadakan pertemuan perdana untuk memperkenalkan MB UNS lebih dalam, dan selanjutnya juga diadakan placement alat untuk penempatan section. Setelah rangkaian pendaftaran itu selesai, para anggota baru memasuki masa latihan yang disebut Diksar.

Diksar atau pendidikan dasar merupakan latihan untuk anggota baru yang dilakukan sebelum memasuki latihan reguler. Materi yang dipelajari di diksar merupakan dasar-dasar marchingband, mulai dari sikap siap, hormat, hingga tata cara apel. Begitu juga pada latihan sectionalnya, materi yang diberikan masih mendasar. Diksar biasanya dilakukan selama 4-6 bulan, dan ujung dari diksar adalah sebuah pagelaran yan disebut pentas anak diksar atau PAD. Berbeda dengan latihan reguler yang dilatih langsung oleh pelatih, melainkan diksar ini dipegang oleh asisten pelatih.

Asisten pelatih atau Aspel adalah orang yang dipercaya pelatih untuk bisa menjadi tangan kanannya baik untuk membantu pelatih maupun menggantikan pelatih jika tidak bisa hadir. Tugas dan fungsi dari asisten pelatih antara lain:

Sebagai mediasi atau pengajar pada masa diksar

Seperti yang sudah dibilang bahwa yang memegang dan bertanggungjawab di kegiatan diksar adalah asisten pelatih. Asisten pelatih disini harus mampu mentransfer materi ke anggota baru agar para anggota baru yang tadinya tidak mempunyai basic Marching Band bisa mulai menyetarakan kemampuan sebelum mengikuti latihan reguler.

Membuat jadwal diksar

Asisten pelatih juga diminta untuk membuat jadwal diksar. Pembuatan jadwal ini mengacu pada target utama dari diksar yaitu PAD. Yang harus diperhatikan juga adalah jadwal kuliah para anggota baru agar dirasa tidak memberatkan tetapi materi tetap tersampaikan dengan baik.

Membuat silabus materi diksar

Semua asisten pelatih harus membuat silabus materi diksar, mereka harus merancang materi apa saja yang akan diberikan pada setiap pertemuannya. Silabus yang dibuat setiap asisten pelatih berbeda, tergantung dengan section yang mereka pegang.

Sebagai SDM anak diksar

Asisten pelatih sebagai SDM bagi anak diksar karena aspel bertugas untuk mencari konfirmasi kehadiran anak diksar. Aspel juga harus memberikan perhatian penuh kepada anak diksar agar selalu semangat menjalankan latihan dan bisa menyesuaikan diri di MB UNS.

Parade Seni Budaya Jawa Tengah

Pada Minggu, 25 Agustus 2019 Marching Band Sebelas Maret telah ikut serta dalam serangkaian acara Parade Seni Budaya Jawa Tengah di Kabupaten Wonogiri. Acara dengan tema “Ngrumat Bebrayan” ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Pemprov Jawa Tengah.

MB UNS memulai parade pada pukul satu siang, start di Lapangan Sukorejo. Parade kali ini membawakan tiga lagu yaitu congrats, sirih kuning, dan  uptown funk. Pada acara ini MB UNS tidak hanya menampilkan parade, tetapi di pertengahan jalan kami juga menampilkan penampilan standing. Penampilan kali ini cukup istimewa karena pada kesempatan ini MB UNS dapat tampil di hadapan Gubernur Jawa Tengah yaitu Pak Ginanjar. Setelah itu, kami langsung kembali jalan menuju Alun-Alun Wonogiri. Antusiasme para warga yang hadir membuat semangat kami membara, kami pun berusaha menghilangkan rasa lelah untuk menampilkan lagu-lagu dengan maksimal.

Terimakasih kepada player, pengurus, official dan pihak-pihak yang telah membantu berjalannya acara ini. MB UNS Jaya !!

Upacara Peringatan 17th Waroeng SS

Pada hari Selasa, 20 agustus 2019 Marching Band Seblas Maret telah turut memeriahkan Upacara Peringatan 17 tahun Warung Spesial Sambal Indonesia. Acara ini diadakan di Brigif Mekanis Raider 6, Karanganyar. Di acara ini Marching Band Seblas Maret tampil sebagai penutup acara untuk menghibur anggota upacara. MB UNS menampilkan dua buah lagu yaitu congrats dan sirih kuning yang dikemas dengan format penampilan standing.

Acara ini berjalan dengan lancar. Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak SS yang telah memilih kami untuk mengisi acara di kegiatan ini. Terimakasih juga kepada player, pengurus, official dan pihak-pihak yang telah membantu berjalannya acara ini.

Semoga MB UNS Semakin Jaya !!