Hubungan Masyarakat MB UNS

Hubungan antara individu maupun kelompok sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat apalagi dalam suatu organisasi. Hubungan tersebut dapat terjalin dengan adanya silaturahmi antar individu satu dengan individu lainnya. Salah satu tugas besar dalam mempertahankan tali silaturahmi yang baik biasanya dilakukan oleh Humas. Agar selalu terjalin komunikasi dan kekerabatan, Humas lah yang bertanggung jawab dan mempunyai tugas untuk selalu menyambung dan senantiasa memperluas tali itu agar tidak pernah putus sampai kapanpun.

Secara umum Humas merupakan salah satu bagian dari organisasi yang berfungsi untuk melakukan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan organisasi tersebut. Humas merupakan singkatan dari Hubungan Masyarakat yang bertanggungjawab dalam membangun dan mempertahanan reputasi, citra, dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publik. Keberadaan humas sangat dibutuhkan dan penting untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dan masyarakat umum, dengan tujuan yang menyangkut citra sebuah organisasi. Untuk berkomunikasi dengan publik, Humas juga mendekatkan diri melalui media, baik melalui media sosial ataupun dengan menyediakan informasi mengenai perkembangan organisasi terkini. Tidak hanya itu, Humas perlu juga menyediakan layanan informasi berupa Contact Center yang diperuntukkan bagi masyarakat umum atau masyarakat antar organisasi yang ingin menyampaikan keperluannya secara langsung.

Di Marching Band Sebelas Maret, pengurus bidang Humas dibagi menjadi tiga yaitu Eksternal, Internal, dan Kreatif. Dalam membangun dan mempertahankan citra MB UNS, ketiga bagian ini memiliki perannya masing-masing, yaitu:

  • Humas Eksternal berhubungan langsung dengan masyarakat umum yang bertugas menyajikan informasi mengenai MB UNS ke publik yaitu dengan mengelola media sosial dan lain sebagainya.
  • Humas Internal berhubungan dengan masyarakat dalam organisasi, bertugas menyambungkan komunikasi dan silaturahmi antar individu yang ada didalam MB UNS.
  • Humas Kreatif sebagai tim kreatif yang menuangkan ide-idenya dalam bentuk design dan lain sebagainya. Kreatif juga bertugas mendokumentasikan kegiatan apapun yang ada di MB UNS

Ketiga bagian tersebut tentunya dikepalai oleh satu KaBid (Ketua Bidang) yang bertugas untuk mengontrol, serta mengawasi staff-staffnya. Walaupun dibagi menjadi tiga bagian, tetapi Humas mengacu pada tujuan yang sama. Nah, yang ada di bidang Humas dalam kepengurusan periode 2019 ini adalah:

Ketua Bidang Humas     : Husnayaini Ahya Ainan

Staff Humas Ekstern      : Nadya Anindita

Staff Humas Intern         : Wida Rosita

Staff Kreatif                       : Asy Syifa Nur Amalia, Ervina Mugi Astari