Latihan Marching Band di Masa Pandemi COVID-19

Sejak diumumkan kasus COVID-19 pertama kali pada Maret 2020, penyebaran virus sampai saat ini masih berlangsung. Hal tersebut membuat proses belajar di perguruan tinggi maupun sekolah berlangsung di rumah masing-masing atau disebut dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Adanya PJJ membuat aktivitas kampus selain belajar mengajar menjadi terhambat. Pembatasan sosial memengaruhi pengembangan kegiatan-kegiatan di kampus, khususnya bagi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang melibatkan banyak orang.

Marching Band sebagai UKM yang merupakan sebuah team yang membutuhkan banyak orang didalamnya sangat terpengaruh dengan adanya pandemi ini. Latihan Marching Band yang seharusnya di lapangan serta jadwal padat tiap minggunya terpaksa untuk ditiadakan. Dalam upaya untuk tetap dapat berlatih dikondisi seperti ini, tim pelatih drill MB UNS pada bulan Juni lalu membuat Latihan Online via Zoom Meeting.

Latihan ini bertemakan “Feel the Drill” dan dihadiri oleh teman-teman anggota MB UNS. Menurut Saffanatun sebagai Asisten Pelatih Drill&Display MB UNS, perlu diadakannya latihan online seperti ini adalah untuk me-review materi yang sudah pernah diberikan sebelum pandemi, memberikan penjelasan pentingnya “Basic” saat drill, dan memberikan pemanasan sebelum terjun langsung di lapangan. Materi yang disampaikan saat latihan online kemarin adalah basic drill untuk semua section baik general maupun bawa alat.

Latihan di rumah sudah pasti jauh berbeda dengan latihan di lapangan tatap muka dengan teman dan pelatih, namun semangat untuk berkembang harus selalu terjaga:)