Bendahara, Uang Bersama Aja Diurusin Apalagi Uang Masa Depan Kita Nanti~~

Apa yang terlintas dipikiranmu saat mendengar kata “Bendahara”? Hampir semua orang langsung membayangkannya soal uang. Ya, sudah tidak diragukan lagi bahwa memang bendahara adalah sebuah jabatan yang berurusan dengan uang. Sejak kecil kita sudah terbiasa dengan kata bendahara, bagaimana tidak, dari awal sekolah dasar pun jabatan itu sudah ada disetiap kelas yang pekerjaannya mengumpulkan uang kas bulanan. Dalam sebuah organisasi tentunya memerlukan bendahara yang berfungsi sebagai pemegang kebijakan keuangan organisasi tersebut. Banyak orang yang enggan menjalani tugas ini, beragam alasan seperti tidak pandai menjaga uang, tidak teliti, bahkan mungkin karena malas menghitung uang milik orang lain. Meski sedikit rumit, menjadi bendahara dapat memberikan pelajaran dalam banyak hal. Hal positif yang bisa kamu dapatkan adalah:

  1. Menjadi teliti dan cermat. Mengurus keuangan adalah sebuah tanggung jawab yang mengharuskan kamu teliti dalam mengelolah uang yang telah diserahkan kepada kamu.
  2. Keuangan sendiri tertata rapi. Karena terbiasa mengelola uang maka secara tidak langsung seorang bendahara akan menjadi mahir dalam mengelola keuangan sendiri.
  3. Bisa membuat perencanaan hidup. Setiap mengelola keuangan pastinya kamu akan diminta membuat sebuah proposal perencanaan tentang akan dikemanakan uang yang kamu simpan itu. Setiap perencanaan tersebut wajib dipikirkan sematang mungkin. Kalau mengurus perencanaan keuangan saja kamu sudah bisa, apalagi mengurus rencana hidupmu.

Di kepengurusan Marching Band Sebelas Maret, bendahara bertugas dalam mengatur anggaran belanja organisasi, mempertanggungjawabkan laporan keuangan, dan menyusun segala sesuatu yang berhubungan dengan kesejahteraan anggota. Adapun beberapa program kerja yang dimiliki bendahara anatara lain; Dana usaha dengan berjualan bucket bunga, merchandise, perlengkapan latihan, dan lain-lain. Lalu ada bakti sosial dan buka bersama yang harapannya dapat meningkatkan kepedulian antar sesama. Dalam setiap minggunya juga ada “A Day for MB” yaitu penggalangan dana ke semua anggota yang berada ditempat latihan yang nantinya uang tersebut digunakan untuk keperluan bersama. Dalam kepengurusan MB UNS ini yang menduduki jabatan sebagai bendahara adalah:

Bendahara 1        : Nada Sintya Anisa

Bendahara 2        : Shinta Kharisma

Sumber : idntimes.com