SDM: doi aja kalah perhatian~

Kalau bicara tentang orang-orang behind the scene dari suatu pagelaran, kebayang gak sih bagaimana ribetnya mereka dalam mempersiapkan segala hal? Tidak hanya dari segi teknis, tapi juga dari segi Non-Teknis. Dalam kepengurusan Marching Band Sebelas Maret, bidang non-teknis memegang peranan yang tidak kalah penting dari teknis itu sendiri. Kedua bidang ini berjalan secara beriringan. Logikanya teknis tidak mungkin bisa berjalan tanpa adanya sumber daya manusia. Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan. Pada hakikatnya, SDM adalah manusia yang berada di suatu unit sebagai penggerak, pemikir dan perencana.

Non-Teknis disini memiliki tanggung jawab tinggi terhadap sumber daya manusia yang ada. Tugas non-teknis di MB UNS antara lain adalah mengoordinasi calon anggota baru mulai dari pendaftaran sampai pertemuan perdana, mendata anggota, serta menjaga atau mempertahankan keberadaan anggota dalam segala kegiatan. Mungkin tugas-tugas tersebut terlihat sederahana, bahwa intinya sekedar mengurus anggota. Tapi percayalah, mengurus manusia dengan segala perbedaan karakter, sifat, pemikiran, dan perlakuan adalah pekerjaan paling rumit. Non-teknis dituntut untuk selalu peduli terhadap anggota, serta bisa menjalin hubungan baik kepada setiap anggota, sering menjadi tempat “curhat” anggotanya untu dapat memberikan solusi. Bisa dibilang bahwa non-teknis adalah orang yang paling perhatian, bagaimana tidak? Non-teknis akan menjadi orang pertama yang menanyakan keadaan kita saat sedang tidak di lapangan, bahkan jika kita terlihat sedang murung dan tidak bersemangat mereka tidak segan untuk langsung menanyakan dan memberi semangat <3.

Itulah tugas non-teknis secara garis besar. Buat yang kurang perhatian, kapan lagi nih ada yang sepeduli ini sama diri kalian? Doi aja gak pernah merhatiin kalian. Nah tapi kalian tenang aja, Mba-Mba dibawah ini akan selalu memperhatikan mu loh!

Ketua Bidang Non-Teknis       : Noryulianti

Staf Non-Teknis                            : Dewi Arista Sari Hadi