MB UNS Tetap Produktif Di Masa Pandemi

Wabah virus corona ini telah melumpuhkan banyak sektor. Membuat berbagai aktivitas bidang kehidupan terganggu, salah satunya pada bidang pendidikan. Penutupan sementara lembaga pendidikan dan pembatasan kegiatan secara langsung dilakukan sebagai upaya mengurangi penyebaran virus tersebut. Tidak hanya berdampak dalam bidang akademis tetapi juga pada bidang non-akademis para pelajar.

Sebagai mahasiswa, sangat disayangkan apabila menyia-nyiakan waktu berbulan-bulan ini hanya untuk berdiam diri di rumah tanpa melakukan kegiatan yang bermanfaat. Di era modern seperti sekarang, banyak teknologi yang bisa digunakan untuk mengembangkan kreativitas. Apalagi selama pandemi, banyak lembaga yang memanfaatkan teknologi sebagai sarana penyelenggara kegiatan. Seperti mengadakan event, lomba-lomba, dan masih banyak lagi kegiatan yang berbentuk online atau virtual.

Tidak mau membuang kesempatan begitu saja, Marching Band Sebelas Maret Surakarta tetap produktif selama pandemi. Beberapa kegiatan virtual diikuti dan dilaksanakan untuk mengembangkan skill yang dimiliki. Kegiatan yang diikuti antara lain yaitu Festival Merah Putih Bogor Kategori Individual Color Guard Contest, dan event Marching In Okayama dengan Kategori Percussion Ensemble. Selain mengikuti kegiatan virtual Marching Band Sebelas Maret Surakarta juga membuat virtual show sebagai penutup tahun 2020.

Dengan judul MB UNS Virtual Show Ctrl + N, MB UNS menunjukkan bahwa adanya pandemi tidak membatasi kreativitasnya. Ctrl + N untuk memulai halaman baru, menyambut tahun 2021 dengan harapan baru. MB UNS Virtual Show Ctrl + N ini merupakan video penampilan player yang menunjukkan hasil latihan yang dilakukan selama masa pandemi. Dengan adanya PSBB, membuat para player harus menjalankan latihan secara online.

Keterbatasan alat tidak mengurangi semangat, ini malah menuntut kreativitas dengan memanfaatkan alat yang ada. Penampilan yang sedikit berbeda ditunjukkan dalam virtual show ini. Player brass menunjukkan bakat bernyanyinya, beberapa player battery menggunakan ember sebagai alat, player pits instrumen menggunakan botol kaca berisi air dan menggunakan aplikasi smartphone, player color guard yang tidak menggunakan flag menampilkan ballet. Video penampilan MB UNS Virtual Show Ctrl + N ini dapat dilihat di channel youtube Marching Band Sebelas Maret.

Walaupun ada pembatasan kegiatan yang diberlakukan bukan berarti kita juga ikut bermalas-malasan, hal tersebut membuat kita semakin kreatif dan inovatif memanfaatkan teknologi yang ada.