Marching Band dan Pengalaman di dalamnya

Marching band. Hmm.. pasti pembaca di sini sudah tidak asing lagi dengan jenis kelompok musik yang satu ini. Yup, bener banget! Marching band itu sekelompok orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik disertai aksi baris-berbaris dari pemainnya. Permainan yang harmonis dengan tampilan unik dan menarik kerap kali memancing daya tarik penonton, especially mahasiswa baru kalau dalam lingkup kampus. No wonder why UKM (unit kegiatan mahasiswa) ini jadi salah satu yang diminati setiap tahun.

Sudah hampir dua tahun perkuliahan dilaksanakan online sehingga mahasiswa baru tidak dapat langsung merasakan vibes penampilan marching band. Selain itu, kemungkinan besar pula, para angkatan baru marching band belum banyak merasakan bagaimana kira-kira pengalaman suka serta dukanya di marching band UNS. Untuk kalian yang penasaran, make sure read all of this article below.

1. Banyak mengenal orang-orang baru

Wah, ini sih pasti banget kalian alami ketika masuk UKM MB. Bertemu serta kenalan dengan ratusan teman baru dari berbagai fakultas, bahkan saling sharing pengalaman masing-masing tentunya asik banget dan menambah pengetahuan kalian. Dalam jangka waktu yang lama, kalian akan sering berinteraksi dengan mereka, bercanda, ngobrol, atau bahkan mengeluh bareng tentang perkuliahan, bikin kerasa punya temen seperjuangan banget deh!

2. Menjadi lebih paham mengenai musik

Beberapa anggota baru marching band mungkin aja ada yang sudah pernah berkecimpung dalam kegiatan, komunitas, atau ekstrakurikuler berbau musik sebelumnya, tetapi tidak sedikit juga yang baru mencoba bidang tersebut di dunia perkuliahan lewat UKM marching band. Yang awalnya gak tau marching band tuh kayak gimana sih, atau section dan alat-alat yang dipakai apa aja yaa, dijamin hafal di luar kepala nantinya. Oiya, akan diajarin juga cara membaca partitur not balok loh.. Pokoknya mantap lah!

3. Merasakan proses latihan

Poin ketiga ini dapat dikatakan hal penting karena di sinilah letak semua pengalaman senang, sedih, capek, haru, dan yang lainnya akan dirasakan selama di marching band. Dalam latihan, tidak hanya permainan alat musik yang dilatih, tetapi juga fisik. Marching band sering dikenal sebagai UKM dengan intensitas waktu latihan yang tergolong sering. Apalagi kalau mendekati pentas ataupun lomba, padat banget! Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kepandaian manajemen waktu antara kuliah, tugas, dan marching band.

4. Memiliki pengalaman tampil dalam suatu acara bahkan kejuaraan

Kelanjutan dari poin 3, poin 4 ini akan jadi buah dari segala proses panjang yang sudah ditempuh oleh para pemain di marching band. Jika ditanya mengenai pengalaman berkesan, banyak yang menjawab GPMB (Grand Prix Marching Band) – ajang kompetisi marching band tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Yayasan GPMB di Indonesia.

Wah, udah dapat gambaran lah yaaa beberapa pengalaman yang nantinya kalian akan dapatkan kalau jadi bagian dari marching band. Nah, di bawah ini ada pesan dari angkatan atas Marching Band UNS untuk yang baru aja officially jadi mahasiswa UNS!

“Untuk maba yang mau join, di MB itu banyak prosesnya. Kalian bisa ambil semua hal bermanfaat di MB. Pastikan kalian menemukan suatu hal yang bikin kalian nyaman di MB. Entah karena momen latihannya, teman satu section, atau yang lainnya. Mungkin karena pandemi, proses kalian berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tetapi, tetep semangat yaa!”

“Nyesel banget ga ikut MB. Kapan lagi bisa belajar baca partitur gratis Wkwk”

“Semangat!!! Ayo join Marching Band UNS, dan rasakan kehebatannya!!!”