Pelantikan Purna Bakti MB UNS

           Pastinya kita sudah tidak asing dengan istilah budaya organisasi. Budaya organisasi merupakan identitas dari sebuah organisaasi yang dapat menjadi pembeda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya. Budaya ini mencakup visi, nilai, norma, sistem, simbol, bahasa, asumsi, keyakinan, dan kebiasaan organisasi. Budaya organisasi ini pastinya ada di setiap organisasi, tak terkecuali di Marching Band Sebelas Maret Surakarta.

             Di Marching Band Sebelas Maret Surakarta ini, ada sebuah kebiasaan yang pastinya menjadi ciri khas MB UNS yaitu Pelantikan Purna Bakti. Tau nggak sih Purna Bakti itu apa? Purna Bakti di dalam MB UNS adalah anggota yang telah berhasil menyelesaikan studinya di tingkat perguruan tinggi. Sesuai peraturan dan kebiasaan yang berlaku, dilakukanlah Pelantikan Purna Bakti yang mana hal ini menjadi penanda bahwa seseorang yang dilantik ini bukan lagi anggota MB UNS melainkan Purna Bakti.

            Kegiatan Pelantikan Purna Bakti ini pun dilakukan dengan unik. Pelantikan Purna Bakti dibuka dengan penampilan anggota MB UNS yang memainkan alat Marching Band. Pada saat ini juga, seseorang yang akan dilantik tersebut bersama dengan Ketua Pengurus MB UNS berjalan di tengah-tengah anggota MB UNS yang sedang memainkan alat Marching Band tersebut. Setelah penampilan ini selesai, kegiatan pun dilanjutkan dengan prosesi pelantikan Purna Bakti yang dilakukan oleh Ketua Pengurus MB UNS. Kemudian, kegiatan ini pun ditutup dengan penampilan anggota MB UNS kembali yang memainkan alat Marching Band.

            Jadi, itulah salah satu kebiasaan yang menjadi ciri khas MB UNS sendiri. Tentunya, Pelantikan Purna Bakti ini menjadi salah satu hal yang berkesan di hari bahagia calon Purna Bakti dimana Purna Bakti ini mendapat sambutan yang meriah dan prosesi pelantikan yang  tidak akan terlupakan setelah berhasil di medan perjuangan untuk menuju kesuksesan.

MARCHING BAND SEBELAS MARET

Graha Ormawa 2 Lantai 3

Jalan Ir. Sutami 36A

Universitas Sebelas Maret

Surakarta, 57126

CONNECT WITH US