Mengenal Section Pukul Alat (Battery)

Haloo MB UNS!!!

Seperti yang kita tahu, di Marching Band Sebelas Maret UNS mempunyai 4 section yaitu Pit Instrument, Battery, Brass, dan Color Guard (CG). Untuk Pit Instrument dan Battery masuk dalam section yang sama lhoo, yang biasanya disebut dengan Section Percussion atau section pukul-pukul alat. Nahh, pada artikel kali ini kita bahas Sub Section Battery yukk.

Dalam sebuah grup marching band, Section Battery atau bisa disebut juga drumline bertugas sebagai pengatur tempo tanpa adanya melodi, berkebalikan dengan pit instrument. Di MB UNS terdapat tiga alat utama Battery yaitu, snare drum, quint tom, dan bass drum. Snare drum merupakan drum yang dilengkapi beberapa baris tali senar sehingga ketika dipukul menghasilkan suara yang yang lebih nyaring atau high dibandingkan dengan quint tom dan bass drum. Quint tom dan bass drum menghasilkan nada rendah ketika dimainkan. Ada juga yang namanya cymbal, cymbal merupakan alat yang terbuat dari logam dengan bentuk bulat seperti piringan.

Untuk cara memainkan drum-drum tersebut yaitu dipukul dengan menggunakan stick/mallet. Berbeda dengan cymbal, cymbal hand cara memainkannya yaitu dengan cara saling memadukan dua simbal. Jenis dan ukuran stick/mallet berbeda-beda tergantung alat yang dimainkan.

Teknik dalam memainkan drum-drum tersebut banyak, mulai dari cara memegang stick (gripping) juga berbeda beda di tiap alatnya. Cara memukul drum juga banyak lohh, ada fullstroke, downstroke, upstroke, muller, diddle, flam, dan lain-lain. Jadi, itulah sekilah tentang section alat pukul kita, Battery. Next, kita bahas secara lebih mendalam yaa.

MARCHING BAND SEBELAS MARET

Graha Ormawa 2 Lantai 3

Jalan Ir. Sutami 36A

Universitas Sebelas Maret

Surakarta, 57126

CONNECT WITH US