Korps Musik Dalam Upacara Pengibaran Bendera

Haloo halooo, kita kembali lagi dengan artikel bulan Agustus yaa. Di bulan kemerdekaan ini, ga afdol rasanya kalo ga bahas tentang sesuatu yang berbau dengan kemerdekaan. Nah, di kesempatan kali ini kita bahas sedikit tentang korsik yukk!

Sebelumnya kalian tau ga sih apa itu korsik? Korsik adalah singkatan dari korps musik. Korsik sendiri merupakan kelompok pemain musik yang dipimpin oleh seorang field commander, dengan anggota seperti Brass (trumpet, mellophone, baritone dan tuba), dan Perkusi (Pit Instrument dan Battery) yang akan mengiringi jalannya upacara.

Setiap tanggal 17 Agustus, korsik selalu ada untuk mengiringi prosesi upacara Hari Kemerdekaan. Marching Band Sebelas Maret sendiri juga turut andil dalam jalannya prosesi upacara Hari Kemerdekaan yang diselenggarakan di halaman Gedung Rektorat UNS.

Dalam pelaksanaan upacara, korsik akan memainkan musik pada saat inspektur masuk, penghormatan, dan laporan. Untuk lagu-lagu yang dimainkan dalam upacara ini adalah Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Prosesi pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih terasa lebih khidmat dengan adanya iringan dari marching band.

Korsik MB UNS akan selalu dinanti untuk mengiringi upacara pengibaran bendera di setiap tahunnya. Apresiasi yang didapat atas keberhasilan tim korsik MB UNS dalam mengiringi upacara tidaklah sedikit. Alhamdulillah, kegiatan upacara pengibaran bendera dapat berjalan dengan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya.

MARCHING BAND SEBELAS MARET

Graha Ormawa 2 Lantai 3

Jalan Ir. Sutami 36A

Universitas Sebelas Maret

Surakarta, 57126

CONNECT WITH US