Brass: Instrumen Musik Tiup dalam Marching Band

 

Haloo MB UNS…

Kita bertemu kembali di artikel Bulan September ini yaaa.

 

Artikel-artikel yang lalu sudah membahas tentang pit instrument dan battery secara singkat, nah untuk artikel kali ini kita bahas tentang brass yukk.

Brass adalah bahan material yang biasa kita sebut dengan kuningan. Tetapi dalam marching band, brass adalah sebuah instrumen musik yang menghasilkan melodi atau lagu. Saat pertama kali kalian mendengar tentang brass, apa sih yang pertama kali muncul di pikiran kalian? Pasti alat tiup yaa?

Brass merupakan instrumen musik di marching band yang cara memainkannya adalah dengan ditiup. Section brass ini komposisi personilnya paling banyak diantara section yang lain di marching band. Brass juga adalah section yang bertugas untuk memberikan melodi di marching band bersama dengan pit instrument.

Jika mengingat tentang brass, terpintas di bayangan kita tentang bagaimana cara meniup alat-alat tersebut. Nahh, cara meniupnya tidak boleh asal-asalan loo! Cara membunyikan brass adalah dengan meniup mouthpiece dan menggetarkan bibir sehingga suara bisa keluar dan dapat didengar orang lain. Mouthpiece yang digunakan ukuran dan bentuknya berbeda-beda tergantung dengan alat instrumen yang dipakai. Untuk menghasilkan nada yang kita mau, maka kita harus memencet tuts yang ada di instrumen brass kita (fingering) bersamaan dengan tiupan.

Mouthpiece

Di Marching Band Sebelas Maret Surakarta, kita menggunakan 4 instrumen brass, yaitu trumpet, mellophone, baritone, dan tuba. Sub section brass terdiri dari low brass, middle brass, dan high brass. Low brass terdapat tuba dan baritone, middle brass adalah mellophone, dan high brass adalah trumpet.

  • Trumpet

Trumpet adalah instrumen yang ukurannya paling kecil dibandingkan dengan instrumen musik brass yang lain. Trumpet masuk ke dalam sub section high brass, sehingga suara yang dihasilkan nyaring dan tinggi (sopran). Nada dasar yang digunakan adalah In Bb.

  • Mellophone

Mellophone termasuk dalam sub section middle brass. Suara yang dihasilkan mellophone terdengar lembut dan sangat cocok untuk melodi. Nada dasar yang digunakan adalah In F.

  • Baritone

Baritone masuk ke dalam sub section low brass. Sesuai dengan namanya, baritone menghasilkan suara dengan rentang nada yang rendah atau bariton.  Nada dasar yang digunakan adalah In C.

  • Tuba

Tuba adalah instrumen yang paling besar dan berat. Cara memegangnya juga berbeda. Instrumen musik ini dipanggul di bahu para pemainnya. Nada dasar yang digunakan sama dengan baritone yaitu In C, tetapi nada yang digunakan lebih rendah satu oktaf dari baritone.

MARCHING BAND SEBELAS MARET

Graha Ormawa 2 Lantai 3

Jalan Ir. Sutami 36A

Universitas Sebelas Maret

Surakarta, 57126

CONNECT WITH US