Color Guard : Pasukan Visual Marching Band

Haloo MB UNS…

Gimana kabarnya nihh? Pasti baik kannn? Tidak terasa ya, ternyata kita sudah berada di penghujung tahun 2023.

Di bulan-bulan kemarin kita sudah membahas section battery, brass, dan pit instrument, di bulan Desember ini mari kita membahas tentang Color Guard (CG).

Istilah Color Guard (CG) pastinya sering kita dengar jika kita membahas tentang Marching Band maupun Drum Band. Color Guard (CG) adalah pasukan yang membantu memvisualisasikan penampilan Marching Band dengan menggunakan beberapa peralatan seperti flag (bendera), rifle, sabre, dan aksesoris lainnya. Pada penampilan display marching band, color guard tidak hanya bermain bendera, rifle, ataupun sabre saja, tetapi juga disertai tarian yang akan membuat penampilan menjadi semakin hidup.

Dalam tekniknya, Color Guard menggunakan teknik basic ballet sebagai dasar atau pondasi performance. Hal yang identik mengenai color guard adalah kelenturan, penguasaan serta pengelolaan bahasa tubuh.  Dengan Body technique yang baik, tentunya akan menghasilkan player yang profesional dan baik dalam penampilan. Tetapi dalam pelaksanaannya, gerakan color guard dapat dikolaborasikan dengan gerakan-gerakan dance modern, tradisional, hip-hop, dan kontemporer.

Untuk peralatan dalam membantu penampilan color guard, terdapat 3 alat yang sering kita jumpai di MB UNS. Yaitu flag, rifle, dan, sabre.

  • Flag

Flag/bendera terdiri dari tongkat atau tiang dan kain bendera. Kain bendera yang digunakan untuk penampilan memiliki jenis dan bentuk yang berbeda tergantung dengan tema penampilan marching band. Sedangkan saat latihan, biasanya kain bendera menggunakan kain yang berasal dari bahan abutai. Untuk tongkat, biasanya tongkat terbuat dari bahan aluminium dan terdapat pemberat yang berada di bagian ujung tongkat yang berguna untuk membantu menyeimbangkan tongkat.

  • Rifle

Rifle adalah alat yang berbentuk seperti senapan dengan bagian-bagian bottom, neck, bolt, dan tip. Rifle pada umumnya terbuat dari bahan kayu dan berukuran 39, inchi 36 inchi, dan 34 inchi. Untuk berat rifle, biasanya berkisar 0,8 sampai 1,5 kg.

  • Sabre

Seperti namanya, sabre pada color guard berbentuk seperti pedang. Sabre terbuat dari bahan baja yang kuat dan tidak mudah bengkok. Sabre terdiri dari beberapa bagian antara lain hilt, handle, blade dan tip.

  • Aksesoris tambahan

Aksesoris tambahan berguna untuk membantu penampilan color guard. Aksesoris tambahan sesuai dengan tema yang akan ditampilkan pada saat penampilan marching band. Misalnya seperti pada saat penampilan MB UNS di GPMB 2019. Pada saat GPMB 2019, MB UNS mengusung tema “Farmer”, dengan demikian color guard MB UNS menggunakan caping, padi, serta orang-orangan sawah dalam membantunya penampilan.

Nahh, untuk teknik-teknik yang digunakan dalam bermain alat biasanya adalah teknik handling, flatting, spinning, tosses dan advance. Next kita akan membahas lebih lanjut mengenai teknik-teknik bermain alat color guard yaaa.

MARCHING BAND SEBELAS MARET

Graha Ormawa 2 Lantai 3

Jalan Ir. Sutami 36A

Universitas Sebelas Maret

Surakarta, 57126

CONNECT WITH US