Mengenal Lebih Dekat Dengan PIT Instrument

Di dalam sebuah Marching Band terdapat beberapa section. Salah satu section tersebut adalah PIT Instrument. PIT Instrument merupakan bagian dari percussion section yang mana PIT (Percussion in Tone) Instrument ini memainkan alat musik pukul yang memiliki nada atau harmonisasi.

Alat-alat di PIT Instrument ada 2 macam yaitu keyboard percussion dan aksesoris atau juga dapat disebut dengan alat mayor dan alat minor. Untuk alat-alat mayor atau keyboard percussion adalah alat-alat musik pukul bernada yang berukuran besar seperti marimba, vibraphone, dan xyplophone. Alat mayor ini adalah alat utama di PIT Instrument. Sedangkan untuk alat-alat minor atau aksesoris adalah alat musik pukul bernada sebagai pemanis dalam permainan alat PIT Instrument. Alat PIT Instrument yang tergolong sebagai aksesoris ini bermacam-macam seperti simbal, marakas, tamborin, bells, timpani, chimes dan masih banyak lagi. Alat musik aksesoris juga bisa diperoleh dari hasil merakit benda-benda yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan suara-suara unik seperti alat musik aksesoris dari kaleng susu yang berisi kerikil atau kelereng.

Dalam memainkan alat-alat PIT Instument, ada alat yang digunakan sebagai pemukul untuk menghasilkan nada yang biasa disebut dengan mallet. Mallet ini memiliki beberapa macam yang dikelompokkan berdasarkan pemakaian. Contohnya untuk memainkan marimba, vibraphone, dan xyplophone, terdapat mallet yang soft, hard, dan medium yang mana setiap mallet ini menghasilkan suara yang berbeda-beda seperti soft mallet yang menghasilkan suara yang lembut dan hard mallet yang menghasilkan suara yang lebih tajam. Biasanya penggunaan mallet ini disesuaikan dengan lagu yang dimainkan.  Sedangkan untuk bells ada dua jenis mallet yaitu mallet plastik yang biasa digunakan untuk pemula dan mallet kuningan yang biasa digunakan untuk player yang sudah bisa menjaga kerasnya pukulan alat.

Langkah awal dalam belajar di PIT Instrument ini adalah kita harus mengenali alat-alat dengan baik. Kemudian, kita akan belajar tentang postur dan gripping dalam bermain alat karena hal ini dapat berpengaruh pada hasil permainan alat yang dilakukan serta agar dapat memberikan kesan menarik bagi audiensi. Selain itu, di PIT Intrument ini juga kita akan belajar tentang pukulan seperti pukulan yang harus memantul dan pergerakan pergelangan untuk memukul. Tak hanya itu, dalam belajar di PIT Intrument, kita juga akan mempelajari membaca not balok sehingga dapat memainkan lagu dengan mudah.

MARCHING BAND SEBELAS MARET

Graha Ormawa 2 Lantai 3

Jalan Ir. Sutami 36A

Universitas Sebelas Maret

Surakarta, 57126

CONNECT WITH US