Placement Anggota Baru MB UNS

Minat dan bakat adalah suatu kesatuan yang dapat mengarahkan seseorang dalam menentukan pilihannya pada keinginan tertentu dan untuk keperluan pengembangan diri. Sebelum menentukan pilihan ini, seseorang harus mengetahui potensi yang ada pada dirinya sendiri, sehingga mampu mengembangkan potensi tersebut dengan maksimal.  Sama seperti halnya dengan placement anggota baru MB UNS. Placement atau dalam Bahasa Indonesia adalah penempatan merupakan suatu kegiatan untuk memposisikan seseorang dengan tepat dan sesuai dengan minat, bakat, serta kemampuan yang dimiliki. Kegiatan placement di MB UNS sendiri dilakukan sekali dalam setahun yang mana kegiatan ini bertujuan untuk menempatkan anggota baru MB UNS pada section yang sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki.

Placement di MB UNS dilakukan dengan tes yang mana setiap anggota baru MB UNS diuji pada setiap section. Tentunya, placement ini dilakukan secara jujur, adil, objektif, dan transparan. Berikut ini adalah langkah-langkah placement anggota baru MB UNS :

 

    • Mengisi formulir placement

Pada tahap ini, anggota baru MB UNS atau dapat disebut sebagai peserta placement mengisi formulir yang telah disediakan . Formulir ini berisi semua data dari nama lengkap hingga motivasi mendaftar MB UNS. Dalam formulir ini, peserta placement juga mengisi pengalaman di Marching Band dan section yang pernah mereka ikuti. Lalu apakah yang tidak memiliki pengalaman di Marching Band boleh mendaftar? Tentu saja sangat boleh, di MB UNS ini, setiap anggota pasti akan diajari dari basic skill terlebih dahulu. Jadi, tidak perlu khawatir, jika belum berpengalaman di Marching Band.

Di formulir ini juga, terdapat pilihan section yang mana peserta placement dapat memilih 2 section yang diminati. Mereka juga diharapkan untuk mengisi alasan memilih section tersebut. Selanjutnya, formulir ini dilampiri dengan foto yang tampak dari lutut hingga kepala.

 

    • Test placement

Pada tahap test placement, peserta placement akan mengikuti rangkaian tes kemampuan masing-masing individu. Wah, nakutin nggak kak? Tenang, di sini, nggak ada yang perlu ditakutin kok. Pada tahap ini, pelatih atau dalam placement ini adalah seorang penguji, hanya ingin mengetahui kemampuan yang dimiliki anggota baru MB UNS, sehingga dapat menempatkannya pada section yang sesuai. Sebelum mengikuti tes, pelatih setiap section akan memberikan contoh terlebih dahulu materi yang akan dites. Kemudian, peserta placement melakukan hal yang telah dicontohkan oleh pelatih. Di sinilah, pelatih akan menilai peserta placement. Pelatih atau penguji akan menilai peserta placement sesuai dengan kriteria penilaian yang ada.

 

    • Pengumuman

Setelah dilakukan test placement, pelatih akan melakukan plotting sesuai dengan penilaian yang telah dilakukan. Kemudian, plotting ini akan diumumkan kepada seluruh anggota baru MB UNS.

Nah itulah seputar placement di MB UNS. Jadi, sudah tahukan kenapa ada placement dan bagaimana sih placement di MB UNS itu?

MARCHING BAND SEBELAS MARET

Graha Ormawa 2 Lantai 3

Jalan Ir. Sutami 36A

Universitas Sebelas Maret

Surakarta, 57126

CONNECT WITH US